Friday, October 7, 2022

Cocok Untuk Kulit Berminyak, Ketahui Apa itu Exfoliating dan Serba-serbinya

BEAUTY, GUBUKINSPIRASI.comExfoliating adalah sebuah proses pengangkatan sel kulit mati dari wajah atau tubuh dengan menggunakan bahan kimia atau alat-alat tertentu.

Sehingga, kegunaan dari exfoliating yaitu untuk membantu pengangkatan sel kulit mati yang tidak bisa dihilangkan secara natural.

Kulit kini pun sebenarnya mengelupas dan menghilangkan sel kulit mati secara alami, sehingga membuat ruang untuk sel baru setiap 30 hari.

Namun sayang, sel kulit mati tidak hilang sepenuhnya. Jadi, melakukan exfoliating adalah hal penting yang harus kamu lakukan secara berkala.

Jika sel kulit mati menumpuk dan tidak segera diangkat, hal tersebut dapat membuat kulit menjadi kering, kulit seperti bersisik atau pori-pori yang tersumbat.

Nah kunci dari exfoliating agar dapat membantu kulit mati terangkat dengan sempurna.

Mengenal Exfoliating Lebih Lanjut

Seperti yang tadi sudah sedikit dibahas, exfoliating adalah sebuah cara untuk membantu pengangkatan sel kulit mati yang tak bisa hilang secara natural dengan menggunakan bahan kimia atau alat tertentu.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, dampak yang bisa terlihat setelah melakukan exfoliating yaitu kulit yang terlihat lebih cerah.

Kegunaan lain dari exfoliating adalah meningkatkan efektivitas penyerapan kulit untuk probat perawatan kulit tropikal.

Dengan melakukan exfoliating, artinya Kita membantu kulit menyerap manfaat dari produk kecantikan dan kesehatan kulit dengan lebih maksimal.

Tanda-tanda Kulit Kamu Membutuhkan Exfoliating

Selain memaksimalkan hasil dari produk perawatan kecantikan, exfoliasi secara rutin juga membantu meremajakan kulitmu.

Eksfoliasi ini sama pentingnya dengan membersihkan dan melembabkan kulit, sehingga kalau mengalami 8 tanda ini, artinya kulit kamu membutuhkan exfoliating skincare.

1. Kulit tampak kusam dan menggelap

Siapa yang mau punya kulit kusam dan kurang berseri-seri? Kalau kamu mau punya kulit yang lebih sehat, cerah, dan berkilau, coba mulai lakukan eksfoliasi.

Soalnya, kalau kamu mengoleskan makeup di atas kulit yang sel-selnya sudah mati, permukaan kulit jadi terlihat tidak rata. Alhasil, kulitmu tampak bersisik dan terasa kasar.

Dengan mengelupas sel-sel kulit kering, kulit jadi terasa lebih lembut dan segar. Rona warna kulitmu juga meningkat.

Baca juga :  Badan Capek saat Bangun Tidur, Apa Sebabnya?

2. Bekas jerawat tak kunjung hilang meski sudah berbulan-bulan

ilustrasi bekas jerawat (istimewa)

3. Pori-pori tampak besar dan kendur

Pori-pori memang dalam kondisi terbuka, karena menjadi tempat folikel rambut tumbuh. Namun ketika ada tumpukan kotoran dan kulit mati, pori-pori ini akan mengembang untuk menampung semua tumpukan tersebut. Akibatnya, pori-pori jadi membesar dan terlihat jelas.

Eksfoliasi bisa mengangkat kotoran di dalam pori dan secara bertahap akan merapatkan lubang pori kembali.

4. Sering muncul bruntusan dan jerawat

Ilustrasi Jerawat (Pexels.com/Anna Nekrashevich)

Jika kamu sering mengalami bruntusan dan jerawat kecil-kecil yang menjamur, berarti kamu perlu melakukan eksfoliasi. Perawatan ini akan membantu membuka pori-pori dari kelebihan minyak yang bisa menyebabkan kulit jadi memerah. Karenanya, jika kelebihan minyak dan kotoran yang jadi akar penyebabnya berhasil diatasi, jumlah kulit yang memerah perlahan akan berkurang.

Untuk kulit berjerawat, eksfoliasi juga berperan besar dalam membersihkan pori dan memudarkan bekas jerawat. Tapi cara eksfoliasi yang paling banyak dianjurkan adalah dengan menggunakan eksfoliasi kimia, terutama dengan toner BHA yang bisa membersihkan hingga ke pori-pori.

Hindari melakukan eksfoliasi fisik dengan scrub bisa membuat bruntusan dan jerawat jadi meradang.

5. Banyak muncul garis halus dan tampak keriput

Keriput tidak hanya terjadi saat usia 35 tahun ke atas. Jika kamu rutin memakai makeup padahal sel-sel kulitmu kering dan mati, riasan wajah tersebut tidak akan menyatu dengan permukaan kulit.

Polesan makeup di atas kulit akan menimbulkan lapisan, dan garis-garis halus pun mulai terlihat. Dengan mengelupas sel-sel kulit mati, garis-garis halus alias keriput itu jadi akan tersamar.

6. Kulit tidak menyerap skincare dengan maksimal atau lama menyerapnya

Ilustrasi perawatan wajah (Shinny Diamond/ Pexels)

Pernah merasa skincare yang kamu gunakan baik serum, essence atau pun pelembap dan suncreen sangat lama sekali meresap ke dalam kulit atau bahkan tidak terserap sempurna sehingga menimbulkan gumpalan-gumpalan kecil seperti daki?

Itu tandanya banyak terdapat sel kulit mati pada permukaan kulit dan menyumbat pori, sehingga mencegah skincare untuk terserap sempurna ke lapisan kulit yang lebih dalam. Dengan mengangkat kotoran di dalam pori, pelembab akan mampu menutrisi kulit lebih baik.

Baca juga :  7 Cara Mudah Mencegah Sakit Kepala

7. Kulit terasa kasar dan sering muncul dry patch, khususnya saat memakai foundation atau BB cream

Jika kamu sering mendapatkan muncul dry patch alias kulit kering yang terlihat keputihan dan mengelupas setelah menggunakan foundation atau jenis alas bedak lainnya, itu tandanya kulitmu memiliki banyak sel kulit mati yang harus dieksfoliasi.

Apalagi jika saat kamu menyentuh kulit wajah dalam keadaan tanpa makeup dan skincare, kulit terasa kasar, kering dan menebal. Berarti tumpukan sel kulit matinya harus segera kamu eksfoliasi. 

Jangan lupa, pilih produk eksfoliasi kulit yang sesuai kondisi kulitmu, ya. Misalnya, kalau kulitmu kering, pilih produk dengan bahan-bahan yang mampu menghidrasi kulit seperti ekstrak teh hijau dan jojoba oil. 

Kalau kulitmu berminyak, sebaiknya pilih yang mengandung asam salisilat yang mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Untuk kulit sensitif, produk yang diperkaya dengan enzim-enzim yang dapat memecah ikatan yang menahan sel-sel kulit mati. Jika kulitmu tergolong normal, fokus saja dengan scrub yang membuat kulit tetap sehat.

Lakukan exfoliasi secara rutin dan jangan berlebihan. Over-exfoliated bisa mengeringkan kulit, mendorong produksi minyak secara berlebih, dan bisa menyebabkan breakout.

8. Area kulit wajah di sekitar cuping hidung dan ujung mulut mulai menghitam, kering dan kasar

Mungkin kalau secara keseluruhan, kondisi kulit wajahmu tidak terlihat kusam atau menggelap. Tapi, kalau diamati, area lekukan cuping hidung dan kedua sudut bibirmu nampak menghitam, kasar dan flacky. Bahkan sering terlihat cakey atau sudah nempel saat dipakaikan foundation.

Ini tandanya, wajah kamu sudah butuh eksfoliasi. Untuk itu, kamu perlu mengeksfoliasi kulit wajahmu, khususnya kedua bagian tersebut.

Kamu bisa menggunakan exfoliating toner atau face scrub. Atau bisa juga menggunakan clay mask yang memiliki fungsi eksfoliasi.

Comment
Shafira Aulia
Shafira Aulia
Penikmat sastra dan musik. Sedang menyelesaikan pendidikan komunikasi dan penyiaran di sebuah Universitas di Jawa Timur

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler