Saturday, October 1, 2022

5+ Manfaat Belajar Bahasa Asing untuk Otak dan Karir

EDUKASI, GUBUKINSPIRASI.com – Sudah bukan rahasia lagi jika bahasa memudahkan setiap manusia berkomunikasi dengan manusia lainnya. Setiap daerah, bahkan negara bisa jadi punya bahasa berbeda-beda dan bukan tidak mungkin jika kita mempelajari bahasa dari negara lain.

Namun, sadarkah kamu bahwa mempelajari bahasa selain bahasa yang kita kuasai bisa memberikan banyak manfaat, apalagi untuk otak? Khusus untuk bahasa asing atau bahasa internasional, mempelajarinya juga ternyata bisa berdampak pada pekerjaan dan karier seseorang.

Manfaat Belajar Bahasa Asing 

Penasaran dengan manfaat belajar bahasa asing untuk otak dan karir? Yuk, cek informasi berikut ini!

1. Kuatkan Daya Ingat

Kamu tentu sudah paham bahwa saat belajar bahasa asing, kita akan lebih banyak menghafal kata dan merangkainya ke dalam satu kalimat untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Aktivitas ini ternyata sangat bermanfaat untuk memaksimalkan kekuatan otak dalam menyimpan dan mengambil informasi yang ada.

2. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Tidak hanya menguatkan daya ingat seseorang, manfaat belajar bahasa asing juga bisa untuk meningkatkan fokus serta konsentrasi dalam berpikir sehari-hari. 

Dilansir dari universeofmemory.com bahwa orang yang belajar bahasa asing punya kontrol lebih kuat serta konsentrasi yang lebih baik. Peningkatan kemampuan ini akan berdampak pada kemauan berpikir lebih baik untuk memilih dan memilah mana informasi yang penting dan mana yang tidak penting.

3. Meningkatkan Kecerdasan Verbal dan Non-Verbal

Selanjutnya, manfaat belajar bahasa asing terhadap fungsi otak adalah meningkatnya kecerdasan verbal dan non-verbal.

Kecerdasan verbal merupakan kecerdasan yang meliputi kemampuan berbahasa atau komunikasi. Sementara kecerdasan non-verbal adalah kecerdasan dalam menganalisis informasi atau memecahkan masalah dengan menggunakan visual.

Kedua kecerdasan ini pada dasarnya memerlukan fleksibilitas mental dan kemauan untuk menguasai lebih dari satu bahasa akan membuat kecerdasan verbal dan non-verbal meningkat secara bersamaan.

Baca juga :  Prodi Ekonomi Syariah Adakan Webinar Bahas Pasar Modal, ini Potret Keseruannya!

4. Perlambat Penurunan Fungsi Kognitif

Penurunan fungsi kognitif adalah kondisi yang ditandai oleh penurunan daya ingat serta kemampuan berpikir dan berkomunikasi. Beberapa penyebabnya antara lain pertambahan usia, depresi, penyakit tertentu seperti diabetes, tiroid, ginjal, atau liver.

Penurunan fungsi kognitif ini juga menjadi tanda-tanda demensia juga sering dikaitkan dengan pikun atau kehilangan daya ingat. Belajar bahasa asing akan memicu otak bekerja lebih keras lagi, sehingga penurunan fungsi kognitif ini bisa diperlambat atau bahkan dicegah.

5. Dorong Kemampuan Problem Solving

Beberapa tahun terakhir istilah Problem Solving sedang naik daun. Problem Solving diartikan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah. Nah, problem solving ini bisa dilatih dengan belajar bahasa asing. Dengan begini kamu akan terlatih memcahkan masalah sekaligus memiliki kemampuan bahasa lain. 

6. Kesempatan Mengembangkan Karier

Jika tadi sudah dibahas manfaat belajar bahasa asing untuk otak, selanjutnya manfaat lain dari hal ini, yaitu kesempatan untuk mengembangkan karier.

Perkembangan  zaman dan kecanggihan teknologi sebenarnya memudahkan kita untuk terhubung dan bekerja dengan siapa saja. Pertanyaannya, bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain di negara berbeda?

Jawabannya tentu dengan menggunakan bahasa internasional, yakni bahasa Inggris. Menguasai bahasa Inggris memungkinkan kamu untuk berkarir di luar negeri dengan gaji yang menggiurkan. Sebab pada dasarnya, keahlian yang kamu miliki bisa diimplementasikan selama kamu mampu mengomunikasikannya.

7. Punya Kesempatan Bekerja di Luar Negeri

Tidak sedikit orang yang mendambakan bekerja di luar negeri. Iming-iming gaji tinggi, pengetahuan yang tak terbatas, serta kesempatan untuk berkeliling di sebuah negara merupakan pemicunya.

Sayangnya, kamu tidak bisa menggapai hal ini tanpa kemampuan menggunakan bahasa negara setempat. Adapun bahasa asing yang umum digunakan di banyak negara adalah bahasa Inggris.

Baca juga :  Beasiswa APERTI 2022 Dibuka, Bisa Kuliah Gratis di Kampus BUMN. Pendaftaran hingga 5 Juli!

Dengan kata lain, menguasai bahasa asing atau bahasa Inggris berarti kamu berkesempatan untuk bekerja dan mengeksplor hal-hal lain di luar negeri secara langsung.

Itulah beberapa informasi terkait manfaat belajar bahasa asing untuk otak dan karir. Nah, bagaimana jika kamu ingin belajar bahasa asing dengan serius?

Jawabannya adalah di Durian Academy!

Di Durian Academy terdapat berbagai kursus bahasa mulai dari bahasa Inggris, bahasa Mandarin dan bahasa Jepang. Seluruh bahasa ini juga punya peruntukannya masing-masing.

Sebagai contoh, jika kamu ingin bisa aktif berbahasa Inggris di kantor, kamu bisa memilih materi pembelajaran spesifik dan intensif untuk bekerja di Kantor.

Selain itu, Kalian juga bisa belajar bareng dengan native speaker 1 bulan sekali secara daring.

Semua kelas dipandu oleh tenaga ahli yang berpengalaman selama bertahun-tahun, sehingga kamu akan punya pengetahuan praktis yang siap diimplementasikan. Menarik ‘kan?

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler