Thursday, October 6, 2022

SMPN 1 Banyuglugur Kembali Gelar BCS! Angkat Kearifan Budaya Lokal di Tahun 2022

SITUBONDO, GUBUKINSPIRASI.com – SMPN 1 Banyuglugur, Besuki, Situbondo kembali mengelar event Best Carnival of Spensanyu atau biasa disingkat dengan BCS.

Event karnaval yang terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2019 tersebut kembali diadakan pada Rabu (31/08/22).

Ketua panitia sekaligus guru SMPN 1 Banyuglugur, Bapak Erwin mengungkapkan antusiasme sera optimismenya terkait dengan kegiatan BSC 2022.

“Alhamdulillah, tahun ini Kita bisa melaksanakan kembali kegiatan BCS yang ke-4. Terakhir kali itu pada 2019 dan kemudian vakum karena adanya COVID-19” Terang Erwin.

BSC merupakan event karnaval budaya yang diselenggarakan oleh SMPN 1 Banyuglugur dengan diikuti oleh seluruh elemen sekolah mulai dari murid hingga segenap tenaga pengajar.

Event BCS pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017 dan dilaksanakan secara rutin setiap tahun pada hari terakhir bulan Agustus.

Desain awal kegiatan BCS adalah untuk menyemarakkan momen Dirgahayu Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus.

Antusiasme yang muncul dalam gelaran pertama pada tahun 2017 lantas membuat event BCS dilaksanakan kembali ditahun 2018 dan kemudian dijadikan agenda rutin setiap tahun sebagai bagian dari branding sekolah.

Pada gelaran ketiga di tahun 2019, event BCS terpaksa vakum beberapa tahun akibat pandemi COVID-19 yang melanda.

Tahun 2022 menjadi tahun pertama BCS kembali digelar usai vakum selama kurang lebih 3 tahun akibat dampak COVID-19.

Peserta BCS 2022 dengan berbagai kostum dengan tema keragaman budaya yang berkumpul di Pendopo Alun-alun Besuki sebelum acara dimulai pada Rabu (31/08/22) / via Rahman

Acara tahun ini menganut konsep yang tidak jauh berbeda dengan pagelaran pada event sebelumnya sebagai parade karnaval budaya.

Dimulai pada pukul 13.30 dengan sambutan dari Wakil Bupati Situbondo, Ibu Hj. Khoirani, BCS 2022 resmi dibuka.

Para peserta karnaval kemudian dilepas melakukan pawai berkeliling jalan dengan garis start di ujung barat laut alun-alun Besuki.

Rombongan peserta karnaval kemudian berjalan beriringan memamerkan kostum yang mengambil konsep keanekaragaman budaya lokal Indonesia.

Baca juga :  Gandeng Bawaslu Probolinggo, Prodi Hukum Unuja Gelar Kuliah Pengawasan Pemilu

Rute yang ditempuh dalam gelaran tahun ini adalah jl. Klenteng Poo Tong Bio yang kemudian berjalan memutar menuju Gudang areng dan berakhir di sisi utara Alun-alun Besuki.

“Kami berharap melalui event ini Kami bisa menanamkan kesadaran cinta tanah air serta berbagai keragaman budaya yang dimiliki dengan adanya karnaval ini.” Terang Erwin tentang BCS 2022. (*)

(rhmn/er)

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler