Friday, October 7, 2022

Set Top Box atau Android TV Box ?? Jangan Salah Pilih !!

Tertanggal 30 April 2022 pemerintah secara resmi mengentikan siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO). Jadi masyrakat indonesia membutuhkan perangkat tambahan agar bisa menonton siaran TV Digital.

Untuk dapat menanyangkan siaran TV Digital dapat menggunakan Set Top Box (STB) atau Anroid TV Box. Meski keduanya sama-sama dapat menyiarkan tayangan TV Digital, namun terdapat perbedaan fungsi yang harus kalian tau sebelum memeilihnya.

Set Top Box (STB)

Set Top Box (STB)

STB adalah alat yang menangkap siaran terestial gratis atau free to pair. Pada TV analog, perangkat ini menggantikan ketiadaan komponen penangkap sinyal TV digital. Maka dari itu, TV jadul yang hanya mengandalkan antena tidak dapat lagi menangkap siaran TV Digital bila tak pasangi STB.

Saat ini STB sangat mudah didapatkan, baik di toko offline maupun online. Varian harga yang ditawarkan juga beragam mulai dari 100 ribu-an hingga 500 ribu-an Rupiah.

Android TV Box

Anroid TV Box

Sedangkan Andorid TV Box berfungsi untuk mengubah TV analog menjadi smart TV. Jadi TV jadul kalian bisa digunakan untuk mengakses fitur-fitur lainnya, seperti YouTube, Netflix atau bahkan fitur peramban.

Tampilan interface pada TV analog yang dipasangi Andorid TV Box akan mirip dengan smartphone berbasis android. Berbeda dengan STB yang cukup menggunakan antena, penggunaan Anrodi TV Box membutuhkan koneksi internet.

Untuk harga dari Anroid TV Box ini dibandrol dari harga 200-an hingga Jutaan Rupiah tergantung spesifikasi perangkat yang ditawarkan, seperti versi android dan kapasitas memorinya.

Jadi kalian milih yang mana nih ? pastikan kalian memilih sesuai kebutuhan dan kondisi di rumahmu ya.

Comment
Baca juga :  3 Hal Sederhana yang Bisa Bikin Cafe Kamu Rame dan Pelanggan Betah Nongkrong
PID
PID
Seorang bapak tanpa anak yang sebenarnya jarang menulis tapi ingin ikut-ikutan narsis

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler