Friday, October 7, 2022

Dinosaurus di Indonesia !? Ada atau Tidak ?

Pernahkah kalian bertanya-tanya mengapa di Indonesia tidak pernah ditemukan fosil Dinosaurus ? Padahal Indonesia terkenal dengan beragam flora dan faunanya.

Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu kita ketahui bahwa proses evolusi Bumi terbagi menjadi 4 fase. Dimulai dari zaman Arkeozoikum, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Kenozoikum.

Mesozoikum merupakan masa di mana Dinosaurus hidup, yakni sekitar 252 hingga 65 juta tahun yang lalu. Era ini kemudia dibagi lagi menjadi 3 periode yakni Triassic, Jurassic, dan Cretaceous.

Pembagian era dinosaurus

Triassic berlangsung dari sekitar 252 juta tahun hingga 201 juta tahun yang lalu, periode Jurassic, sekitar 210 hingga 145 juta tahun yang lalu, sementara periode Cretaceous yang berlangsung sekitar 145 sampai 66 juta tahun yang lalu.

Nah sedangkan sebagian besar wilayah Indonesia masih ada di bawah lautan. Baru kemudian sekitar 50 juta hingga 30 juta tahun yang lalu daratan Indonesia muncul ke permukaan dan terbentuk kepulauan.

Disebabkan rentan waktu kepunahan dinosaurus dan terbentuknya Wilayah Indonesia sangat lama, maka dapat dipastikan tidak akan ditemukan fosil dari dinosaurus di Indonesia.

Stegodon

Lalu apakah tidak ada peninggalan purba di Indonesia ? tentu saja ada seperti penemuan fosil Stegodon (gajah purba) dan beberapa manusia purba.

Comment
Baca juga :  Mengenal Petanque, Olahraga Asal Prancis yang Dilombakan dalam Porprov Jatim 2022
PID
PID
Seorang bapak tanpa anak yang sebenarnya jarang menulis tapi ingin ikut-ikutan narsis

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler