Sunday, October 2, 2022

Peluang dan Cara Mengekspor Briket Arang

BISNIS, GUBUKINSPIRASI.com – Briket arang, merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang dapat mempertahankan bakaran nyala api.

Umumnya briket arang terbuat dari bahan tempurung kelapa, serbuk gergaji, atau limbah kayu lainnya yang sudah diolah dan diberikan beberapa bahan lain.

Bahan bahan tersebut kemudian dibuat menjadi arang dengan cara dibakar. Setelah dibakar, kemudian arang tersebut ditumbuk dan diayak, serta dicampurkan dengan bahan bahan lain agar dapat menyatu.

Setelah itu, barulah arang yang sudah dicampurkan bahan bahan lain tersebut dicetak untuk dijadikan briket arang.

Keunggulan Briket Arang

Briket arang menjadi salah satu pilihan sebab api briket arang memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan arang biasa, yaitu :

  1. Pembakaran yang dihasilkan dari briket arang memiliki panas yang lebih tinggi,
  2. Aroma yang dihasilkan briket arang juga tidak berbau dan alami,
  3. Pembakaran lebih tahan lama.
  4. Kalor pembakaran lebih tinggi
  5. Asap yang dihasilkan lebih sedikit
  6. Tidak meninggalkan banyak abu

Selain itu, briket arang merupakan barang yang ramah lingkungan, karena bahan dasar pembuatannya menggunakan bahan bahan limbah di mana jika kamu membuat briket arang, berarti kamu sudah mengurangi pencemaran limbah kayu.

Briket arang pun memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Jika sudah masuk ke pasar luar negeri seperti Timur Tengah, Amerika Serikat, Rusia, Eropa dan lainnya, harga briket arang yang berkualitas bagus bisa dihargai sekitar $ 1.300 USD per tonnya.

Potensi Briket Arang di Luar Negeri

Sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dengan beberapa keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya, maka briket arang telah menjadi komoditi yang paling dicari di beberapa negara untuk memenuhi kebutuhannya.

Lalu, bagaimana briket arang digunakan di luar negeri?

1. Bahan Bakar Memasak

Kita tahu bahwa briket arang dapat menghasilkan api yang panas dan juga tahan lama, maka dari itu briket arang sangat cocok dijadikan sebagai api pemanas untuk memasak.

Cara memasak menggunakan briket pun berbeda beda, ada yang menggunakan tungku sebagai wadah briket arang yang kemudian tungku tersebut akan menjadi kompor untuk memasak.

Kemudian terdapat cara barbekyu, yaitu memasak dengan cara dipanggang, diasap, dan dibakar. Untuk menghasilkan cita rasa barbekyu yang alami, maka penggunaan arang pun diperlukan.

Baca juga :  Valuasi Perusahaan ; Elemen Penting yang Harus Dicermati Investor Pemula

Nah, kemudian briket arang pun menjadi kebutuhan yang cukup tinggi untuk barbekyu.

Penggunaan arang sebagai bahan bakar memasak pun mencakup penggunaan rumahan, restoran, hotel, atau industri besar.

2. Bahan Pembakar Rokok Shisha

Shisha atau hookah adalah rokok tradisional dari timur tengah yang dalam penggunaannya membutuhkan bakaran arang untuk memanaskan tembakau di dalamnya.

Tren rokok shisha sangat populer di negara Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika Utara.  Belakangan ini pun kepopuleran shisha sudah melebar sampai ke Inggris dan negara-negara barat lainnya.

3. Penghangat Ruangan

Di beberapa negara yang memiliki iklim yang dingin, orang orang tentu membutuhkan penghangat di rumah mereka.

Meskipun penghangat listrik sudah ada, namun beberapa orang masih memilih cara klasik dengan menggunakan arang. Briket arang pun menjadi kebutuhan dasar untuk penghangat ruangan.

Potensi Briket Arang dari Indonesia

Dari segi kualitas, mayoritas briket arang produksi Indonesia pun sudah sangat baik dan mampu bersaing di pasar Internasional.

Beberapa negara pun mengakui bahwa briket arang asal Indonesia lebih baik dibandingkan briket arang produksi negara lain.

Bahkan untuk di negara Mesir sendiri, Indonesia telah menguasai pasar briket arang sebesar 85% dari total impor briket arang di negara tersebut dengan total nilai sebesar $1,13 juta usd pada tahun 2019.

Penghasil briket arang terbaik dari Indonesia berasal dari berbagai daerah. Mulai dari Medan Sumatera Utara, lalu Karawang Jawa Barat, Kendal Jawa Tengah, Hingga Blora dan Madura Jawa Timur.

Negara Pengimpor Briket Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya tentang bagaimana potensi briket arang Indonesia di luar negeri beserta kualitasnya yang sudah mampu bersaing di pasar internasional, briket arang produksi indonesia pun banyak dicari di luar negeri.

Lalu, bagaimana kondisinya di luar negeri? Tentu sangat diterima dengan baik karena kualitas rata rata briket arang Indonesia memang banyak yang sudah memenuhi standar di negara lain, termasuk negara negara eropa yang memiliki standar tinggi.

Dengan kualitas seperti Itu briket Indonesia banyak dicari di negara negara eropa seperti Jerman, Belanda, Inggris atau negara negara barat lainnya. Biasanya di negara tersebut mereka mengimpor briket arang untuk barbekyu.

Baca juga :  Ini Alasan Kenapa Branding Sangat Penting untuk Bisnismu! | Gubuk Inspirasi

Kemudian terdapat pasar juga di negara Timur Tengah dan Afrika Utara seperti Mesir, Iran, Turki, dan lainnya. Serta negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan lainnya. Jika di negara tersebut, mereka biasanya mengimpor briket arang untuk shisha.

Tips Mengekspor Briket Arang

Nah, jika kamu berencana memasarkan dan mengekspor produk briket kamu ke luar negeri, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Pertama adalah pastikan produk briket arang kamu berkualitas bagus. Briket arang yang berkualitas bagus adalah briket yang kokoh, bersih, dan tidak banyak menghasilkan debu hitam yang bisa menempel di tangan.

Kemudian, kemaslah briket arang kamu dengan kemasan yang menarik. Dengan kemasan yang bagus dan menarik, maka harga briket arang kamu bisa menjadi lebih tinggi dan lebih menarik konsumen luar negeri.

Dengan begitu, kamu pasti akan lebih mudah mendapatkan buyer dari luar negeri dan bisa mengekspornya ke sana.

Cara Mengekspor Briket Arang

Sebelum mengekspor briket arang ke luar negeri, ada beberapa persyaratan berupa dokumen yang mesti kamu penuhi. Dokumen-dokumen tersebut adalah:

1. Packing List

Kamu harus menyiapkan data barang atau packing list yang terdiri dari beberapa seperti jumlah barang, alamat pengiriman, dan sebagainya. Data packing list ini berguna untuk memenuhi dokumen lainnya seperti PEB, COO, dan Bill of Landing atau Airway Bill.

Jika perlu, sediakan juga faktur pembelian atau commercial invoice.

2. Certificate of Analysis

Dokumen lain yang harus kamu penuhi sebelum mengekspor arang adalah Certificate of Analysis di mana dokumen ini bisa kamu dapat dari uji lab.

3. Material Safety Data Sheet

Kemudian terdapat dokumen material safety data sheet yang harus kamu sertakan. Dokumen ini diperlukan untuk memberikan keterangan dan informasi lainnya terkait penanganan kargo ke pihak shipping.

4. Surat Heat Treatment

Lalu, dokumen lain yang diperlukan untuk mengekspor briket arang adalah surat heat treatment.

Karena briket arang merupakan salah satu barang yang termasuk berbahaya, dalam artian adalah mudah terbakar, maka dari itu cukup banyak dokumen yang harus diperlukan untuk mengekspor komoditi ini. (*)

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler