Sunday, December 4, 2022

Apa bagusnya USB Type-C ? Ini Kelebihannya !!

TEKNOLOGI, GUBUKINSPIRASI.com – Sejak diumukan pada bulan Juni 2022 lalu, keputusan Komisi Uni Eropa (UE) menyetujui aturan tentang port pengisian daya tunggal menggunakan port USB Type-C untuk perangkat elektronik yang dijual di Eropa , mulai ramai diberbincangkan tentang si USB Type-C ini. Hingga beberapa hari yang lalu, ramai kembali diperbincangkan pasca aturan tersebut disetujui oleh sebagian anggota di Parlemen Eropa.

Keputusan untuk menyeragamkan port pengisian daya tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengurangi jumlah limbah elektronik. Hal ini disampaikan oleh Malta Alex Agius Saliba, salah seorang anggota Palemen UE, bahwa adapter pengisi daya yang dibuang dan tidak digunakan diperkirakan mewakili sekitar 11.000-15.000 ton limbah elektronik tiap tahunnya.

USB TYPE-C

Bentuk USB Type-C

USB C atau USB Type-C adalah konektor standar di dunia insdutri yang berfungsi untuk memindahkan data dan daya melalui satu kabel. Kabel ini dikembangkan sebagai standar konektor untuk mengurangi kabel yang berakhir di tempat sampah.

KELEBIHAN USB TYPE-C

Selain fakta diatas, penggunaan port USB Type-C pada perangkat elektronik juga memiliki berbagai keunggulan sebagai berikut.

USB Type-C

1. DESAIN REVERSIBLE

Kelebihan yang pertama adalah desain reversible, maksudnya jenis USB in dapat dipasang ke perangkat dengan berbagai posisi. Semua bagian dari kabel data ini memiliki bentuk yang sama (seperti membentuk huruf C). Bagian atas dan bawah sama, sehingga kamu tidak perlu repot mencari posisi port USB Type-C.

2. UNIVERSAL

Kabel data ini bisa digunakan untuk berbagai alat elektronik mulai dari HP, table, komputer dan masih banyak lagi. Konektor ini juga support untuk berbagai macam sistem operasi seperti Android dan IOS. Hal ini cukup memudahkan kamu ketika harus menggunakan banyak smarthphone yang berbeda. Karena hanya perlu menggunakan satu konektor saja.

Baca juga :  Rekomendasi 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Bikin Kontenmu Jadi makin Menarik dan Aesthetic

3. RANFER LEBIH CEPAT

Kelebihan yang selanjutnya yakni kecepatan tranfer data dan daya yang lebih cepat. Kabel data Type-C memiliki output daya maksimal 20V dan 5A serta kecepatan transfer data hingga 10 Gbps.

4. MULTIFUNGSI

Selain menjadi alat pengisi daya dan transfer data, USB Type-C ini juga bisa digunakan untuk menggantikan headphone 3,5 mm. Dan tidak menutup kemungkinan dalam perkembangannya fungsi dari kabel data ini akan semakin bervariatif.

5. DAPAT MENAMPILKAN GAMBAR RESOLUSI 4K

Keunggulan USB Type-C selanjutnya yakni memapu menampilkan gambar dengan resolusi 4K. Jadi dengan satu kabel kecil saja kita sudah dapat menikmati gambar dan suara yang lebih besar seperti TV

6. UKURAN LEBIH KECIL

Memiliki ukuran yang kecil menjadikan kabel data ini lebih mudah untuk dibawa kemana-mana

Comment
PID
PID
Seorang bapak tanpa anak yang sebenarnya jarang menulis tapi ingin ikut-ikutan narsis

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler