Sunday, December 4, 2022

Pakulima Tingkatkan Mutu SDM dan Desa dengan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC)

SITUBONDO, GUBUKINSPIRASI.com – Untuk meningkatkan mutu SDM dan Desa, Paguyuban Pakulima mengadakan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) pada Jum’at (21/10/22).

Dalam sambutannya, pembina Paguyuban Pakulima. H. Hambali menuturkan bahwa ide kegiatan pelatihan tersebut berasal dari kegelisahan terhadap potensi SDM dan kondisi lingkungan setempat.

Berawal dari kunjungan Baidowi, pengurus Pok Darwis Joglo Bondowoso yang berkunjung ke Pakulima memberikan pelatihan pembuatan pupuk Kompos dengan bahan dasar limbah daun waru yang banyak tumbuh di Pakulima.

Kegelisahan tersebut kemudian membuat Hambali berkunjung balik ke Pokdarwis Joglo, Bondowoso untuk mempelajari proses pembuatan Pupuk Organik Cair yang merupakan salah satu elemen penting dalam pembuatan pupuk kompos.

Kepala Desa Pesisir, Ahmadi yang turut datang dalam kegiatan pagi hari tersebut mengungkapkan antusiasme dan rasa bahagianya terhadap inisiatif yang dihadirkan oleh Paguyuban Pakulima.

Setelah acara pembukaan yang diisi dengan sambutan dari Pembina Paguyuban dan Kepala Desa Pesisir, acara kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair.

Fahmi, mahasiswa KKN Unuja 2022 hadir sebagai praktisi yang mengisi acara pelatihan pagi hari tersebut.

Masyarakat dan undangan yang hadir cukup antusias mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik cair. Bahan dasar pembuatan yang merupakan bahan pokok dan mudah ditemukan semakin membuat masyarakat antusias.

Pupuk Organik Cair yang dibuat tersebut menggunakan bahan-bahan dasar seperti Jahe, bawang merah, gula aren, daun mandalika, daun sirsak serta air bekas cucian beras.

“Acaranya cukup inovatif, sangat menginspirasi. Bahan dasarnya juga mudah ditemukan sehingga dapat mudah diaplikasikan di rumah. Jadi gak sabar pengen bikin langsung di rumah setelah ini” Terang Hafidz, salah satu peserta yang hadir dalam pelatihan tersebut. (*)

Baca juga :  Bitcoin Anjlok 20%! Elon Musk dan Bill Gates Alasannya?

(er/rhmn)

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler