Wednesday, November 30, 2022

Siapa “Warren Buffet” Sebenarnya ?

Warren Buffet seorang pria yang lahir 92 tahun silam di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Dia dijuluki sebagai “Oracle of Omaha” atau peramal dari omaha. 

Julukan itu disematkan kepadanya karena keahlian warrent dalam bidang investasi. 

Apa yang dia miliki saat ini tidak lepas dari pendidikan yang dia kenyam semasa muda.

Pendidikan

Pria berkewarganegaraan amerika serikat ini berkuliah di Wharton Business School di University of Pennsylvania dari tahun 1947 hingga 1949.

Kemudian Tahun 1950 dia belajar University of Nebraska–Lincoln dan berhasil lulus di bidang administrasi bisnis.

Tidak hanya sampai disana Buffet lalu melanjutkan studinya ke Benjamin Graham Di Columbia University

Setelah ia tahu bahwa Benjamin Graham dan David Dodd yang merupakan analis keuangan terkemuka yang kala itu mengajar di sana.

Buffet lulus dari Columbia University pada tahun 1951 menyandang gelar Master Ilmu Ekonomi

Sumber Kekayaan

Dengan kekayaan total mencapai $ 95.8 Miliar Dolar. Warrent Buffet menduduki posisi ke 6 sebagai orang terkaya di dunia. 

Pundi pundi penghasilan miliarder ini berasal dari perusahaan investasi terbesar yang dimiliki yaitu Berkshire Hathaway.

Bergerak dibidang investasi perusahaan ini memiliki bisnis inti di segmen asuransi, seperti asuransi jiwa, properti, reasuransi, dan asuransi khusus.

Sementara bisnis lainnya meliputi industri permen, ritel, perabot rumah tangga, ensiklopedia, penyedot debu, penjualan perhiasan.

Penerbitan surat kabar; pembuatan dan distribusi seragam; pembuatan, impor dan distribusi alas kaki; serta beberapa perusahaan listrik dan gas daerah.

Penghargaan

Sebagai salah seorang warga negara yang baik pria tua ini juga sangat dermawan. Pada 2006 lalu CEO Berkshire Hathaway ini menyumbangkan 85% harta yang dia miliki kepada beberapa yayasan amal.

Baca juga :  UNUJA Probolinggo Buka Beasiswa Program Magister, Begini Ketentuannya

Bill and Melinda Gates Foundation yang dimiliki oleh Bill Gates merupakan salah satu yayasan yang mendapatkan alokasi dana amal ini.

Pada tahun-tahun berikutnya pun Oracle Of Omaha melakukan aksi amal yang rutin dilaksanakan. 

Tahun 2011, Buffett menerima Presidential Medal of Freedom sebuah penghargaan tertinggi bagi rakyat sipil Amerika Serikat. Diserahkan langsung oleh Presiden Barrack Obama atas aksi filantropi yang dilakukannya sepanjang tahun.

Comment

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler