Wednesday, November 30, 2022

Benarkah, Nasi Makanan Pokok Penyebab Diabetes ?

Nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat indonesia dengan konsumsi paling banyak. Kenapa ditulis salah satu makanan pokok. Sebab ada beberapa daerah di indonesia makanan pokoknya berupa sagu.

Makanan pokok ini berasal dari padi yang telah dipanen, dijemur dan digiling oleh petani. Lalu dijual ke pasar dan dibeli oleh kita.

Nasi yang kita makan per 100 g BDD (Berat Badan Dimakan)  mengandungi Energi 180 kkal, lemak total 0.30 g, Vitamin B! 0.05 mg, B2 0.10 mg, B3 2.60 mg, Karbohidrat 39.80 g, Protein 3g, Serat pangan 0.20 g, Kalsium 35 mg,  Fosfor 27 mg, natrium 1 mg, kalium 38 mg, tembaga 100 mcg, Besi 0.40 mg, seng 0.60 mg, air 56.70 g, abu 0.20 g.

Namun, walaupun kaya dengan nutrisi tidak berarti nasi akan tidak mengandung hal berbahaya bagi  tubuh kita. lalu dimana letak bahayanya ? Letak bahaya nasi tidak berada pada entitasnya ya!. Akan tetapi terdapat pada pola konsumsi kita. 

Nasi mengandung nilai Indeks Glikemik (GI) 48-93. semakin besar nilainya maka akĀ  glukosa dalam darah kita akan meningkat. hal ini dalam waktu panjang bisa menyebabkan resiko terkena penyakit diabetes.

Tapi para pembaca tidak perlu khawatir terlalu berlebihan. Dengan lauk pauk seperti daging dan sayuran resiko terkena penyakit ini bisa diminimalisir.

Mengkonsumsi nasi terus menerus tanpa disertai lauk pauk yang lain dapat menimbulkan efek sembelit loh. Sembelit diakibatkan oleh karbohidrat yang menumpuk di saluran pencernaan. Karbohidrat mengandung amilum senyawa yang tidak mudah larut apabila tidak diimbangi dengan serat yang seimbang.

Comment
Baca juga :  Resep dan Cara Masak Opor Ayam - Masakan Nikmat Untuk Kumpul Keluarga

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler