Monday, December 5, 2022

Dinkes Situbondo Lakukan Skrining Cegah Penyebaran HIV/AIDS

SITUBONDO, GUBUKINSPRIASI.com – Hingga November 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo mencatat ada 400 orang penderita HIV/AIDS yang saat ini menjalani pengobatan khusus dan sekitar 200 penderita meninggal dunia.

“Hingga sekarang ada 400 orang pendeirta dalam pendampingan, konseling, dan motivasi pengobatan, karena penderita HIV/AIDS ini seumur hidup,” ujar Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada jenis Kesehatan Situbondo Hari Santoso, Selasa (21/11/2022).

Untuk mengatisipasi makin meluasnya persebaran penyebab virus yang menyerang kekebalan tubuh ini, petugas Dinas Kesehatan rutin melaksanakan tes sampel darah (Skrining) setiap tiga bulan di beberapa eks lokalisasi atau tempat transaksi antara pekerja seks komersial dan pria hidung belang.

Menurut Hari, pelaksanaan skrining tiap tiga bulan dilaksanakan di setiap eks lokalisasi mulai dari wilayah barat Situbondo, yakni Kecamatan Banyuglugur, hingga di eks lokalisasi perkotaan yang masih dihuni oleh pekerja seks komersial.

“Tiap tiga bulan kami rutin skrining di beberapa eks lokalisasi, ini untuk mengantisipasi dan mendekati penyebaran HIV/AIDS. Setiap petugas skrining di eks lokalisasi pasti ada yang postif terjangkit HIV/AIDS,”  tambahnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh  pada hari Kamis (17/11/2022) kemarin petugas Dinas Kesehatan Situbondo melakukan skrining terhadap puluhan pekerja seks komersial di eks lokalisasi Gunung Sampan, Desa Kotakan.

Dari puluhan PSK yang diambil sempel darahnya itu, lima orang di antaranya diketahui hasilnya dan terindikasi positif  terjangkit HIV/AIDS, dan hingga saat ini dalam penanganan khusus petugas Kesehatan. (*)

(er/rhmn)

Comment
Baca juga :  FOKSI Gelar Lailatus Sholawat dalam Rangka Maulid Nabi Muhammad SAW
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler