Saturday, June 3, 2023

Bingung Mau Lanjut SMA atau SMK? Simak Tips Berikut Biar Kamu gak Salah Pilih!

PENDIDIKAN, GUBUKINSPIRASI.com – Lagi pada bingung mau pilih lanjut sekolah di SMA atau SMK? Udah tau perbedaannya atau belum? Atau, belum tau sama sekali?

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan sekolah di SMA atau SMK memang sebaiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal lebih dulu.

Mengapa? Karena kadang pemilihan sekolah tersebut sangat dipengaruhi oleh kondisi internal maupun eksternal dari siswa itu sendiri.

Bisik-bisik dan ajakan dari Teman dekat kamu mungkin akan banyak berpengaruh terhadap pilihanmu mau masuk SMA atau SMK.

Ada yang kemudian memutuskan lebih pas jika sekolah di SMA namun tidak demikian begitu juga sebaliknya.

Tips untuk Memilih Sekolah SMA atau SMK

Memilih SMA atau SMK mungkin tidak akan menjadi hal yang sulit bagi siswa yang sudah sejak awal tahu apa rencana masa depannya dan cita-citanya.

Sayangnya, masih cukup banyak jumlah siswa yang saat lulus SMP bahkan belum memiliki cita-cita, sehingga merasa bingung mau sekolah di SMA atau SMK. 

Untuk membantu kamu keluar dari kebingungan memilih SMA atau SMK simak beberapa tips dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan mudah berikut ini:

1. Apa Rencana Setelah Lulus SMA

Apa rencana kamu setelah lulus sekolah itu menjadi hal yang penting untuk memutuskan SMA atau SMK. Jurusan di SMA sifatnya lebih umum yaitu IPA, IPS dan Bahasa sementara SMK menawarkan program keahlian yang lebih beragam.

Selain itu kurikulum pendidikan di SMA memang dirancang untuk siswa yang nantinya akan melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi. Beda dengan SMK yang sudah menyiapkan siswanya untuk langsung bekerja setelah lulus. Kalau kamu memang ingin melanjutkan kuliah setelah lulus, maka SMA adalah pilihan terbaik.

2. Apa Minat dan Bakat Terbaik Kamu

Lihat dan kenali apa minat serta bakat terbaik kamu selama ini karena hal tersebut bisa ikut menjadi kunci tips memilih SMA atau SMK setelah SMP.

Baca juga :  Rajut Warna Melalui Kopdar Belajar WPAP Bareng

Kalau kamu masih belum begitu menemukan minat dan bakat yang sesungguhnya, lebih baik memilih SMA agar nantinya pilihan setelah lulus lebih luas.

Namun kalau kamu sudah sangat mengetahui bakat dan minat diri sendiri seperti misalnya bidang kecantikan, masak memasak (tata boga), perbengkelan dan sebagainya, SMK dapat dijadikan pilihan.

Meskipun begitu sebenarnya minat dan bakat tersebut tetap dapat diasah di SMA karena setelah lulus kamu dapat melanjutkan kuliah pada jurusan yang sesuai.

3. Apa Jenis Pekerjaan yang Ingin Dipilih

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, yaitu ketahui jenis pekerjaan atau profesi apakah yang ingin kamu jalani di masa depan. Kalau kamu ingin jadi dokter tentunya SMA jurusan IPA adalah pilihan yang paling tepat.

Beda lagi kalau kamu ingin menjadi ahli akuntansi maka SMA jurusan IPS yang pas atau SMK dengan jurusan ekonomi akuntansi atau pembukuan.

4. Sukai Teori atau Praktik

Ada tipe siswa yang mudah bosan kalau harus terus menerus harus mendengarkan guru menyampaikan materi di kelas dan lebih suka praktik. Sebaliknya, beberapa siswa mudah memahami sesuatu kalau mendengarkan penjelasan langsung dari guru dan kurang suka dengan praktik.

Sekolah di SMA jelas akan lebih banyak teori di kelas diimbangi dengan praktik karena memang kurikulumnya demikian. Sedangkan siswa SMK, memang dipersiapkan untuk siap kerja ketika lulus sekolah sehingga banyak mendapatkan pelajaran praktik.

Nah, kamu termasuk tipe siswa yang suka teori saja ataukah lebih suka langsung melakukan praktik?

Itulah cara dan tips memilih SMA atau SMK yang mudah kamu lakukan untuk membantu menemukan sekolah terbaik dan paling sesuai. (*)

(er/rhmn)

Comment

Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Verified by MonsterInsights