Thursday, February 2, 2023

Dorong Digitalisasi UMKM, PERTAKINA Kolaborasi dengan Jatis Mobile Adakan Pelatihan Digitalisasi UMKM Jawa Timur

SURABAYA, GUBUKINSPIRASI.com – Perkumpulan TKI Purna dan Keluarga atau lebih sering disebut dengan PERTAKINA bekerja sama dengan Jatis Mobile mengadakan pelatihan digitalisasi UMKM di Quest Hotel Darmo Surabaya pada Sabtu (10/12/22).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian PERTAKINA terhadap perkembangan ekosistem UMKM di Jawa Timur.

Selain itu, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mendorong digitalisasi bisnis UMKM lokal mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat serta perubahan pola bisnis pasar yang kini serba digital.

Sebanyak kurang lebih 20 orang peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur hadir mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 (dua) hari tersebut.

Aula Semeru Quest Darmo Hotel Surabaya tampak ramai dipenuhi dengan peserta pelatihan yang mulai datang sejak pukul 8 pagi untuk mengikuti pelatihan dari PERTAKINA dan Jatis Mobile.

PERTAKINA dan Upaya Mendorong Digitalisasi UMKM Lokal

PERTAKINA merupakan lembaga mandiri  Non Pemerintah yang Berbadan Hukum Perkumpulan, bergerak pada sektor Pemberdayaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Purna.

Didirikan dan digagas oleh mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang cukup resah dengan kondisi PMI yang tidak mendapat perlindungan dan pemberdayaan yang layak serta mengalami kesulitan mencari pekerjaan setelah pulang kembali ke Indonesia.

Berawal dari perkumpulan kecil, kemudian beberapa kegiatan pemberdayaan Ibu rumah tangga dan PMI Purna. Sulis dan beberapa penggagas lainnya kemudian mendirikan PERTAKINA yang kemudian memperoleh bantuan dan support dari BP2MI yang berfokus kepada perlindungan dan pemberdayaan PMI.

Pemberdayaan PMI serta dukungan perlindungan hukum bagi PMI yang ada di Luar Negeri merupakan beberapa kegiatan dan tujuan pokok PERTAKINA yang diejawantahkan dalam beberapa kegiatan rutin dan tertarget dari PEERTAKINA.

Ketua Umum PERTAKINA Indonesia, Sulistiyaningsih memberikan sambutan dalam pembukaan peltaihan digitalisasi UMKM PERTAKINA bekerjasama dengan Jatis Mobile di Quest Hotel Darmo, Surabaya pada Sabtu (10/12/22) / via PERTAKINA Indonesia

Dalam sambutannya, Ketua Umum PERTAKINA Indonesia Sulistiyaningsih memberikan beberapa cerita pengalaman sebagai purna PMI di beberapa negara tetangga Indonesia.

Baca juga :  Program Kreativitas Mahasiswa 2022 Resmi Dibuka, Berikut Detailnya!

Sulis juga menjelaskan tujuan dari kegiatan pelatihan digitalisasi UMKM yang bekerja sama dengan Jatis Mobile adalah untuk mendorong digitalisasi UMKM khususnya di wilayah Jawa Timur dengan memanfaatkan platform digital yang secara khusus ditujukan untuk kebutuhan UMKM.

Dorong Digitalisasi UMKM dengan produk Beranda Toko by Jatis Mobile

Bekerjasama dengan Jatis Mobile yang merupakan perusahaan yang berfokus terhadap digitalisasi UMKM, PERTAKINA mendorong digitalisasi UMKM dengan memanfaatkan produk aplikasi Beranda Toko.

Beranda Toko merupakan aplikasi manajemen keuangan dan produk yang dikhususkan untuk UMKM dengan berbagai fitur pendukung yang sangat memudahkan UMKM dalam menjalankan bisnis secara digital.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan di Quest Darmo Hotel, Surabaya. Seluruh peserta yang hadir belajar dan berdiskusi tentang pengoperasian aplikasi Beranda Toko serta berbagai topik lain terkait dengan digitalisasi UMKM.

“Melalui kegiatan ini, Kami berharap nantinya para peserta dapat menjadi pentolan yang mendorong UMKM-UMKM lain di sekitar lingkungannya untuk ikut beralih digital karena sekarang semuanya sudah serba digital dan peluang bisnis juga jadi semakin besar.” Jelas Sulis terkait dengan kegiatan tersebut. (*)

(rhmn/er)

Comment

Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Verified by MonsterInsights