Wednesday, February 8, 2023

Mahasiswa UNUJA Probolinggo Amankan Posisi Pertama dan Kedua Kejuaraan Pencak Silat Jember National Championship 1 tahun 2023

JEMBER, GUBUKINSPIRASI.com – Gelanggang Olahraga (GOR) PKPSO Kaliwates Jember menjadi venue acara Kejuaraan Pencak Silat Jember National Championship 1 tahun 2023 yang digelar mulai 2-3 Januari 2023.

Kejuaraan Pencak Silat Jember National Championship 1 tahun 2023 dibuka secara simbolik oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Murdiyanto mewakili Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU.

Sebanyak 1301 Atlet Pencak Silat yang berasal dari 8 Kabupaten si-Jawa Timur ikut berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut.

Dalam jajaran tamu dan undangan yang hadir, turut hadir pula Ketua KONI Jember Sutikno, Ketua PSHT Jember H. Jono Wasinudin, Ketua Dewan Cabang PSHT Jember H. Muhtaris.

“Kejuaran ini merupakan kolaborasi antara Pemkab Jember dengan IPSI. Ini merupakan salah satu upaya untuk menggerakkan ekonomi. Harapannya untuk merasakan adanya event ini,” tutur Kadispora Jember.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jember, Agus Supaat mengaku bangga bisa menyelenggarakan event yang cukup besar di awal tahun. Kejuaraan ini diikuti oleh peserta dari kelompok usia SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Selain menjadi ajang meraih prestasi kejuaraan pencak silat ini juga diharapkan bisa menjadi ajang belajar, sekaligus menjalin kebersamaan diantara para peserta.

UNUJA Probolinggo Raih Juara 1 dan 2 Kelas Mahasiswa

Universitas Nurul Jadid, Paiton Probolinggo ikut berpartisipasi dalam Kejuaraan Pencak Silat Jember National Championship 1 tahun 2023 yang digelar mulai 2-3 Januari 2023.

Dua orang Atlet Pencak Silat kontingen Universitas Nurul Jadid ikut berpartisipasi. Shulton dan M Ridwan Fadilah, Mahasiswa Semester 1 Program Studi MPI ikut berpartisipasi.

Sedikit gugup terang Shulton dalam wawancaranya bersama dengan redaktur Gubuk Inspirasi, semunya tak terasa saat sudah berada di atas arena.

“Sempat kaget dan gugup saat dapat info peserta lomba lebih dari 1000 atlet. Untungnya sudah latihan dan tidak mempengaruhi hasil saat berada di arena lombanya.” Terang Shulton yang meraih juara pertama kelas Mahasiswa.

Baca juga :  UNUJA Jalin Kerjasama Dengan Kadin dan Apindo Guna Harmoniskan Kampus dengan Dunia Industri

Mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dari Fakultas Agama Islam (FAI) UNUJA Probolinggo tersebut berhasil finish di posisi pertama usai mengalahkan lawan dan memperoleh nilai terbaik dari dewan juri.

Hadapi Lawan Sulit di Babak Final

Perjalanan Shulton dan Ridwan tidak bisa dibilang mudah dan bahkan penuh dengan rintangan.

Kedua mahasiswa yang merupakan mahasiswa program studi MPI Fakultas Agama Islam UNUJA Probolinggo tersebut mengakui bahwa terdapat banyak tantangan selama perlombaan, baik dalam persiapan maupun ketika perlombaan berlangsung.

Tantangan paling besar selama persiapan perlombaan menurut Shulton adalah membagi waktu antara latihan dengan kuliah yang notabene cukup kontras dengan bidang olahraga yang digeluti oleh keduanya.

Berkat dukungan dan support dari semua pihak, keduanya dapat mempersiapkan diri dengan baik dan berhasil membawa pulang raihan apik.

Tantangan lainnya adalah talenta muda Jember yang cukup dikenal sebagai salah satu Kota dengan perguruan dan kultur pencak silat yang cukup kental.

“Atlet lokal Jember lumayan bikin gugup, performanya bagus dan luar biasa.” Terang Ridwan.

Selain Shulton yang berhasil membawa pulang medali emas posisi pertama, kontingen lain dari Universitas Nurul Jadid turut membawa pulang raihan medali dengan memperoleh posisi kedua dalam Kejuaraan Pencak Silat Jember National Championship 1 tahun 2023.

M. Ridwan Fadilah berhasil finish di posisi kedua berkat penampilan yang memukau dan memperoleh poin dari dewan juri perlombaan tersebut. (*)

(rhmn/er)

Comment

Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Verified by MonsterInsights