Wednesday, February 8, 2023

Tips Menjawab Pertanyaan Interview bagi Para Job Seeker agar Terlihat Profesional dan Meyakinkan

KARIER, GUBUKINSPIRASI.com – Tahapan interview merupakan salah satu dari sekian banyak proses rekrutmen yang harus dilalui oleh seorang Job Seeker sebelum akhirnya bisa bekerja dalam sebuah perusahaan maupun Instansi.

Melalui proses interview, HR dari perusahaan/ Instansi menggunakan kesempata tersebut untuk mengenal lebih lanjut calon pegawai dan pekerja yang melamar posisi yang dibuka.

Menjawab Pertanyaan HR “Apakah ada Pertanyaan?” Dalam Interview

Perlu kamu ketahui, kesempatan bertanya diakhir wawancara tersebut biasanya digunakan oleh pewawancara untuk mengetahui apakah kamu benar-benar tertarik dan serius melamar di perusahaan mereka.

Hal tersebut juga bisa menjadi nilai tambah di mata para pewawancara. Sehingga, bisa dikatakan bahwa peluangmu lolos ke tahap selanjutnya akan semakin besar.

Sebelumnya, bedakan pertanyaan untuk HRD dan User ya!

Setiap perusahaan pasti punya standar dan proses menyeleksi karyawan yang berbeda-beda. Umumnya, perusahaan akan mengadakan proses seleksi interview dengan HRD dan juga User. Interview HRD biasanya akan dilaksanakan di awal tahapan dan ketika kamu dinyatakan lolos interview HRD, selanjutnya kamu akan menghadapi interview User.

Pertanyaan Interview untuk HRD

1. Budaya Perusahaan

Tanyakanlah seputar budaya perusahaan. Kamu juga jadi lebih memahami budaya apa saja yang mereka terapkan. Jika nantinya kamu dinyatakan lolos, maka kamu sudah tidak kaget lagi dengan budaya perusahaan itu.

2. Tanyakan Jenjang Karier

Untuk kamu yang ingin terus meningkatkan karier, kamu bisa bertanya pada HRD adakah program pelatihan dan pengembangan karyawan di perusahaan tersebut.

3. Alur Penerimaan Karyawan

Jangan lupa untuk menanyakan bagaimana alur tes penerimaan karyawan di perusahaan tersebut. Kamu juga bisa bertanya “Jika saya lolos ke tahap selanjutnya, kapan saya akan dihubungi kembali?”

Baca juga :  Contoh CV Modern, Formal dan Menarik yang Bisa Bikin Kamu Cepat Dipanggil Rekruter

Pertanyaan untuk User

Jika kamu dinyatakan lolos wawancara HRD, maka tahap selanjutnya yaitu interview User. User di sini nantinya yang akan menangani kamu atau menjadi atasan kamu secara langsung.

1. Detail Job Desc

Kamu bisa menanyakan detail job desc posisi yang kamu lamar. Di sini lah kamu akan memastikan bahwa pekerjaan yang akan kamu lakukan sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan dibutuhkan perusahaan.

2. Alur Pekerjaan

Selain detail job desc, kamu juga bisa menanyakan alur pekerjaan yang akan kamu tangani nantinya.

3. Keterikatan Kerja Sama dengan Divisi Lain

Jangan lupa juga untuk menanyakan dengan divisi mana kamu akan lebih banyak bekerja sama.

4. Tantangan yang Akan Dihadapi

Tanyakan lebih dalam terkait tantangan terbesar apa saja yang akan kamu hadapi jika diterima di posisi yang kamu lamar. Meski pada dasarnya setiap pekerjaan memiliki tantangan tersendiri, tapi tidak ada salahnya menanyakan kembali hal ini ya!

CONTOH PERTANYAAN

  • “Bagaimana lingkup kerja atau tugas sehari-hari dari posisi ini?”
  • “Kandidat seperti apa yang paling sesuai untuk posisi ini?”
  • “Bagaimana proyeksi karier posisi yang saya lamar di perusahaan ini?”
  • “Bagaimana prospek perusahaan dalam 5 tahun mendatang?”
  • “Apa saja tantangan yang dihadapi perusahaan saat ini?”
  • “Bagaimana cara perusahaan menilai keberhasilan kinerja karyawan?”
  • “Apa proses selanjutnya dalam rekrutmen ini?”
  • “Divisi dan siapa saja yang akan bekerja dengan posisi ini nantinya?”
Comment

Erka
Erka
Penikmat sastra dan penyayang kucing yang suka dengan topik kesehatan dan sastra populer dan menghabiskan waktu senggang memainkan berbagai video game yang sedang populer

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Verified by MonsterInsights