Thursday, October 5, 2023

Semangat Baru Ospektren 2023, Siap Jadi Mahasiswa Santri Berkualitas

PROBOLINGGO, GUBUKINSPIRASI.com – Pelaksanaan Orientasi Pengenalan Kampus dan Pesantren (Ospekten) resmi dibuka oleh pimpinan Unuja di hadapan ratusan mahasiswa baru di Aula I Pesantren Nurul Jadid. Disaksikan ratusan mahasiswi baru di Aula II Nurul Jadid pukul 09.00 WIB, Sabtu (9/9/2023).

Hari pertama ospektren juga menjadi awal yang penuh semangat. Acara ini merupakan tahapan penting bagi semua mahasiwa baru dalam mempersiapkan diri mengarungi perjalanan civitas akademik dilingkungan Unuja, menjadi mahasiswa santri berkualitas.

Semenjak pagi, semua peserta ospektren -dengan dominasi warna baju putih dan bawahan hitam- menunjukkan rasa optimisme dan antusiasme yang tinggi untuk belajar. Mereka mendapatkan sambutan hangat dan penuh kekeluargaan dari keluarga besar pesantren Nurul Jadid, Jajaran Pimpinan, seluruh sivitas akademik dan para panitia.

Pengasuh pondok pesantren Nurul Jadid, KH. Moh. Zuhri Zaini berpesan bahwa “semakin tinggi pendidikan, maka kita harus meningkatkan karakter dan akhlakul karimah. Karena tanpa akhlakul karimah perkembangan teknologi akan membahayakan diri sendiri.”

Sementara, Rektor Unuja, KH. Abd. Hamid Wahid, M,Ag,, dalam pesan video singkat dari lokasi Masjidil Haram menyambut dengan penuh kekeluargaan kepada semua mahasiswa mahasiswi baru Unuja tahun akademik 2023/2024.

“Selamat datang kepada mahasiswa dan mahasiswi baru yang telah bergabung dan menjadi keluarga baru Universitas Nurul Jadid,” pesan Rektor yang genap berusia 52 tahun pada 04 September 2023 ini.        

Hari pertama, mahasiswa baru diperkenalkan berbagai fasilitas; perpustakaan, laboratorium, fasilitas olahraga dan lainnya. Peserta Ospektren juga diberikan kesempatan untuk berkenalan satu sama lain dan mulai membangun interaksi pertemanan sebagai sesama mahasiswa baru, seperti perkenalan diri, diskusi kelompok dan seterusnya.

Panitia dan narasumber selama Ospektren tidak hanya berbagi pengalaman tentang tradisi akademik, melainkan juga kegiatan-kegitan non-akademik yang relevan dengan tradisi pesantren Nurul Jadid. Termasuk tentang bagaimana menghadapi tantangan-tantangan dan peluang yang akan dihadapi dalam masa studi di Unuja selama 4 (empat) tahun (8 semester).

Baca juga :  Lakmud Perdana PAC Besuki Sukses Diikuti Delegasi dari Cabang se Jawa-Bali

Hingga berita ini ditulis, telah tercatat sekitar seribu lebih mahasiswa dan mahasiswi baru tahun akademik 2023/2024, dengan rincian 392 orang Fakultas Agama Islam, 265 orang Fakultas Teknik, 85 orang Fakultas Kesehatan, 212 Fakultas Sosial dan Humaniora, ditambah pascasarja Unuja.

Ospektren 2023 Unuja menguraikan tema “Regenerasi Mahasiswa Santri dalam Mengakselerasi Generasi Bangsa Berkualitas.”

Selaras dengan visi Unuja: “Menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan Berkeadaban dalam Pengembangan Tridharma secara Inovatif Berlandaskan Trilogi dan Pancakesadaran Santri Pesantren Nurul Jadid bagi Pembangunan Masyarakat Indonesia dan Dunia di Tahun 2027.” (Sofia/fn).

Comment
+ posts

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Verified by MonsterInsights