Wednesday, December 6, 2023

Pembongkaran Jembatan di Kelurahan Dawuhan, Situbondo, Menimbulkan Keluhan Warga

SITUBONDO – Proses pembongkaran jembatan di Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Situbondo, telah berlangsung hampir sebulan dan menimbulkan sejumlah keluhan dari warga setempat.

Keluhan ini terutama muncul karena penutupan akses jalan bagi pengendara roda dua maupun roda empat, yang mengalihkan arus lalu lintas ke jalan lingkungan warga di RT 01/RW 04 dan RT 02/RW 04, Kelurahan Dawuhan. Akibatnya, jalan lingkungan mengalami kerusakan parah, dan debu meresahkan sejumlah rumah di sepanjang jalan tersebut, (Senin, 09/10/2023)

Seorang warga setempat mengungkapkan rasa kesal terhadap jumlah kendaraan yang melintasi jalan lingkungan tersebut. Terlebih lagi, beberapa pengendara tidak mengurangi kecepatan, yang berpotensi membahayakan keselamatan anak-anak dan pejalan kaki.

“Seharusnya para pengendara tidak semuanya melewati sini. Ini sangat mengganggu warga yang menjalankan aktivitas berjualan di pinggir jalan, karena jalan dipenuhi debu yang berterbangan,” ungkap seorang warga yang meminta namanya dirahasiakan.

Warga sebenarnya tidak keberatan jika semua pengguna kendaraan melewati jalur di lingkungan Kelurahan Dawuhan, asalkan mereka mengikuti rambu lalu lintas yang berlaku dan menjunjung tinggi etika berlalu lintas. Mereka merasa kesal karena, selain jalan yang sempit, masih ada pengendara yang berkendara dengan kecepatan tinggi.

“Kami meminta instansi terkait untuk mengambil tindakan yang diperlukan agar situasi ini lebih nyaman. Proses perbaikan jembatan di Kelurahan Dawuhan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika situasi ini terus berlanjut, maka warga akan sangat dirugikan. Selain itu, debu semakin banyak terbawa oleh kendaraan roda empat yang melintas,” tegasnya.

Selain keluhan tersebut, dampak negatif lainnya adalah kerusakan serius pada jalan lingkungan selama ratusan meter, karena volume kendaraan yang melintas.

Menurut seorang pria paruh baya, sebelum pembongkaran jembatan Kelurahan Dawuhan, jalan lingkungan di Krajan RT 01/RW 04 cukup sepi sehingga tidak mengalami kerusakan serius.

Baca juga :  Babinsa Memantau Perkembangan Balita di Posyandu Situbondo

“Terutama pada malam hari, banyak pengendara yang membuat kebisingan di lingkungan rumah warga dengan meningkatkan volume suara kendaraan mereka. Situasi ini bisa diperbaiki jika pengendara dialihkan ke jalan gang di sebelah utara,” tutupnya.

Comment
Website | + posts

Pustakawan magang di Perpustakaan Jalanan Besuki Membaca. Menikmati berbagai tulisan dan kadang menumpahkan kegelisahan dan ide aneh bin nyeleneh di berbagai portal daring di dunia maya.

"Verba volant, scripta manent"

Rahman
Rahmanhttps://www.rahmankamal.com/
Pustakawan magang di Perpustakaan Jalanan Besuki Membaca. Menikmati berbagai tulisan dan kadang menumpahkan kegelisahan dan ide aneh bin nyeleneh di berbagai portal daring di dunia maya. "Verba volant, scripta manent"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Verified by MonsterInsights