Wednesday, December 6, 2023

Sosialisasi Pelestarian Cagar Budaya, Dandim Situbondo: Merawat Kenangan dan Cinta Cagar Budaya

SITUBONDO – Danramil 0823/07 Asembagus, Kapten Inf Athin Irawanto, mewakili Dandim Situbondo, menghadiri sebuah seminar sosialisasi yang bertujuan mempromosikan pelestarian cagar budaya di Situbondo.

Acara tersebut bertajuk “Merawat Kenangan di Museum dan Cinta Cagar Budaya” dan digelar di Aula Balai Desa Asembagus, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk perwakilan dari Dandim 0823 Situbondo, yang diwakili oleh Pjs Danramil 0823/07 Asembagus, Kapten Inf Athin Irawanto, unsur dari Forkopimca kecamatan Asembagus, serta Bapak Firdaus dari Balai Pelestarian Cagar Budaya. Turut serta pula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Desa Asembagus, pejabat lintas sektor Asembagus, dan para pelajar SMA di wilayah Asembagus.

Sebelum pembukaan resmi, para peserta menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan menikmati penampilan Tari Landung, tarian khas Situbondo. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pidato dari berbagai pihak.

Kegiatan seminar sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan pemegang kebijakan tentang upaya pelestarian Cagar Budaya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan masyarakat mengenai makna serta nilai-nilai penting dalam melestarikan Cagar Budaya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan yang sama, Kapten Inf Athin Irawanto mengungkapkan apresiasi terhadap kegiatan sosialisasi ini. Ia menjelaskan pentingnya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat, terutama pelajar SMA sebagai generasi penerus bangsa, terkait Cagar Budaya di Kabupaten Situbondo.

Situbondo memiliki Cagar Budaya yang unik, yang tidak dimiliki oleh banyak kabupaten lain. Seminar pelestarian cagar budaya ini diadakan untuk memastikan generasi penerus di wilayah Kecamatan Asembagus, khususnya, memahami cara melestarikan situs-situs cagar budaya.

Comment
Baca juga :  Membentuk Karakter Unggul: Koramil 0823/01 Kota Peltu Alif Permadi Gencar Lakukan Proyek Profil Pelajar
Website | + posts

Pustakawan magang di Perpustakaan Jalanan Besuki Membaca. Menikmati berbagai tulisan dan kadang menumpahkan kegelisahan dan ide aneh bin nyeleneh di berbagai portal daring di dunia maya.

"Verba volant, scripta manent"

Rahman
Rahmanhttps://www.rahmankamal.com/
Pustakawan magang di Perpustakaan Jalanan Besuki Membaca. Menikmati berbagai tulisan dan kadang menumpahkan kegelisahan dan ide aneh bin nyeleneh di berbagai portal daring di dunia maya. "Verba volant, scripta manent"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Verified by MonsterInsights