Wednesday, January 25, 2023
Home Blog

Meja 14

Oleh : S. Rohmah

Mari kita lekas bercakap. Banyak kado-kado kecil yang telah saya persiapkan sebagai panjangnya percakapan. Telah ku pesan juga kopi tubruk kesukaan sebagai menu handalan bersamaan rebusan pisang.
Aku lupa pada kenyataan, Gus.
Sengaja melupakan.

Besuki, 04 Agustus 2021

Tips Menjawab Pertanyaan Interview bagi Para Job Seeker agar Terlihat Profesional dan Meyakinkan

0

KARIER, GUBUKINSPIRASI.com – Tahapan interview merupakan salah satu dari sekian banyak proses rekrutmen yang harus dilalui oleh seorang Job Seeker sebelum akhirnya bisa bekerja dalam sebuah perusahaan maupun Instansi.

Melalui proses interview, HR dari perusahaan/ Instansi menggunakan kesempata tersebut untuk mengenal lebih lanjut calon pegawai dan pekerja yang melamar posisi yang dibuka.

Menjawab Pertanyaan HR “Apakah ada Pertanyaan?” Dalam Interview

Perlu kamu ketahui, kesempatan bertanya diakhir wawancara tersebut biasanya digunakan oleh pewawancara untuk mengetahui apakah kamu benar-benar tertarik dan serius melamar di perusahaan mereka.

Hal tersebut juga bisa menjadi nilai tambah di mata para pewawancara. Sehingga, bisa dikatakan bahwa peluangmu lolos ke tahap selanjutnya akan semakin besar.

Sebelumnya, bedakan pertanyaan untuk HRD dan User ya!

Setiap perusahaan pasti punya standar dan proses menyeleksi karyawan yang berbeda-beda. Umumnya, perusahaan akan mengadakan proses seleksi interview dengan HRD dan juga User. Interview HRD biasanya akan dilaksanakan di awal tahapan dan ketika kamu dinyatakan lolos interview HRD, selanjutnya kamu akan menghadapi interview User.

Pertanyaan Interview untuk HRD

1. Budaya Perusahaan

Tanyakanlah seputar budaya perusahaan. Kamu juga jadi lebih memahami budaya apa saja yang mereka terapkan. Jika nantinya kamu dinyatakan lolos, maka kamu sudah tidak kaget lagi dengan budaya perusahaan itu.

2. Tanyakan Jenjang Karier

Untuk kamu yang ingin terus meningkatkan karier, kamu bisa bertanya pada HRD adakah program pelatihan dan pengembangan karyawan di perusahaan tersebut.

3. Alur Penerimaan Karyawan

Jangan lupa untuk menanyakan bagaimana alur tes penerimaan karyawan di perusahaan tersebut. Kamu juga bisa bertanya “Jika saya lolos ke tahap selanjutnya, kapan saya akan dihubungi kembali?”

Pertanyaan untuk User

Jika kamu dinyatakan lolos wawancara HRD, maka tahap selanjutnya yaitu interview User. User di sini nantinya yang akan menangani kamu atau menjadi atasan kamu secara langsung.

1. Detail Job Desc

Kamu bisa menanyakan detail job desc posisi yang kamu lamar. Di sini lah kamu akan memastikan bahwa pekerjaan yang akan kamu lakukan sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan dibutuhkan perusahaan.

2. Alur Pekerjaan

Selain detail job desc, kamu juga bisa menanyakan alur pekerjaan yang akan kamu tangani nantinya.

3. Keterikatan Kerja Sama dengan Divisi Lain

Jangan lupa juga untuk menanyakan dengan divisi mana kamu akan lebih banyak bekerja sama.

4. Tantangan yang Akan Dihadapi

Tanyakan lebih dalam terkait tantangan terbesar apa saja yang akan kamu hadapi jika diterima di posisi yang kamu lamar. Meski pada dasarnya setiap pekerjaan memiliki tantangan tersendiri, tapi tidak ada salahnya menanyakan kembali hal ini ya!

CONTOH PERTANYAAN

  • “Bagaimana lingkup kerja atau tugas sehari-hari dari posisi ini?”
  • “Kandidat seperti apa yang paling sesuai untuk posisi ini?”
  • “Bagaimana proyeksi karier posisi yang saya lamar di perusahaan ini?”
  • “Bagaimana prospek perusahaan dalam 5 tahun mendatang?”
  • “Apa saja tantangan yang dihadapi perusahaan saat ini?”
  • “Bagaimana cara perusahaan menilai keberhasilan kinerja karyawan?”
  • “Apa proses selanjutnya dalam rekrutmen ini?”
  • “Divisi dan siapa saja yang akan bekerja dengan posisi ini nantinya?”

5 Mahasiswa UNUJA Sabet Gelar Juara Di Bandung Lautan Api International Championship 4

0

Probolinggo, – Lima Mahasiswa Universitas Nurul Jadid (UNUJA) menyabet gelar juara dalam kejuaraan pencak silat Bandung Lautan Api International Championship 4. Pada acara tersebut kontingen UKMN PBD UNUJA meraih 4 medali emas dan 1 medali perak.

Perlombaan tersebut dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 6 hingga 8 Januari 2023, yang berlokasi di GOR Jatinagor, Kota Sumedang Jawa Barat.

Bandung Lautan Api International Championship 4 ini diselenggarakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bandung.

Berikut daftar mahasiswa UNUJA yang membawa pulang medali juara pada ajang itu;

1. Achmad Nasruddin Sholeh, Mahasiswa Fakultas Teknik, Prodi Informatika, semeter V, meraih Juara 1 kelas A Dewasa putra

2. Moh Nurrizal Sulton, Mahasiswa Fakultas Agama Islam, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, semester VII, meraih Juara 1 Kelas B Dewasa putra

3. Ahmad Ibnu Akil, Mahasiswa Fakultas Agama Islam, Prodi Ekonomi Syariah, semester V, meraih Juara 2 Kelas C Dewasa putra

4. Muhammad Firdaus, Mahasiswa Fakultas Teknik, Prodi Teknik Elektro, semester V, meraih Juara 1 Kelas D Dewasa putra

5.Abdullah, Mahasiswa Pascasarjana, Magister Pendidikan Agama islam, meraih Juara 1 Kelas E Dewasa putra

Lindu Hari Ini, Tidak Berpotensi Tsunami

0

Gempa bumi kembali terjadi di Tanah Air. Hingga pukul 20.30 WIB, lindu tersebut dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terjadi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin, 09-01-23. 

Berdasarkan analisis BMKG, gempa tersebut memiliki parameter dengan magnitudo 3,1. Terjadi pada pukul 05:41:06 WIB, getarannya dirasakan dalam skala III MMI (Modified Mercalli Intensity) di wilayah Bantul. Adapun pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 18 kilometer.

“Pusat gempa berada di darat 13 km tenggara Bantul,” jelas BMKG.

Sementara, lokasi gempa dilaporkan BMKG terletak pada koordinat titik 8 Lintang Selatan (LS) dan 110,42 Bujur Timur (BT).  Selain Bantul, gempa bumi hari ini juga mengguncang dua wilayah lainnya. Memiliki magnitudo 3,6, lindu getarkan Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten pada pukul 16:46:40 WIB.

Sedangkan pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 18 kilometer. Daerah Cibaliung ikut merasakan getarannya dalam skala II-III MMI saat lindu terjadi. Adapun lokasi gempa terletak pada koordinat 6,93 LS dan 105,26 BT. Atau lebih tepatnya di 46 km barat daya Sumur.

Gempa berikutnya melanda Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur dan sekitarnya. Gempa terjadi pada pukul 19:26:31 WIB. BMKG menyebut saat lindu berkekuatan magnitudo 5,6 terjadi, getarannya terasa hingga ke sejumlah wilayah dalam skala bervariasi.

Skala II-III MMI terjadi di Pacitan, Gunungkidul, Bantul, Kota Yogyakarta, Sleman, Kulonprogo, Wonogiri, Purworejo, Cilacap, Nganjuk, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, dan Blitar. Sementara, Banjaranegara, Wonosobo, Karangkates, serta Kebumen II MMI. 

“Pusat gempa berada di laut 90 km tenggara Pacitan,” info BMKG di laman resminya. 

Menurut BMKG, gempa yang berlokasi dititik 8,99 LS dan 111,16 BT atau 90 kilo meter Tenggara Pacitan dengan kedalaman 10 kilometer tidak berpotensi tsunami.

5 Minuman Tradisional yang Punya Banyak Manfaat Untuk Wanita!

0

KESEHATAN, GUBUKINSPIRASI.com – Kebanyakan orang anti minum jamu karena rasanya yang pahit. Padahal minuman tradisional khas Indonesia ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan lho.

Terbuat dari bahan-bahan alami, seperti tumbuh-tumbuhan, daun-daunan, dan akar-akaran, ramuan jamu peninggalan turun temurun dari nenek moyang ini baik untuk dikonsumsi wanita karena berkhasiat untuk mengobati penyakit, menghilangkan bau badan, dan menjaga kecantikan. Ini berbagai variasi jamu yang baik untuk wanita.

1. Jamu Beras Kencur

Kamu sering merasa pegal-pegal? Coba minum jamu beras kencur secara rutin deh. Jamu ini dapat membuat tubuh jadi terasa lebih bugar dan tidak gampang lelah. Kencur yang terdapat dalam jamu dapat memberikan rasa hangat dalam tubuh ketika diminum, sehingga kamu akan merasa sehat dan segar. Selain itu, jamu beras kencur juga memiliki manfaat kecantikan lho, antara lain mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit, serta membantu melangsingkan tubuh. Jamu ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti beras tumbuk, jahe, kedawaung, kapulogo, asam, kunci, kayu keningar, kunyit, jeruk nipis dan buah pala. Jamu beras kencur paling enak diminum dalam keadaan dingin.

2. Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid, karena dapat mengurangi rasa sakit yang muncul ketika haid. Jamu kunyit asam juga dapat melancarkan siklus haid dan menyuburkan kandungan.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam kunyit asam dapat membuat kulit kamu bersih, bercahaya dan bebas dari jerawat. Meminum jamu ini secara rutin juga dapat menghilangkan bau badan, karena kandungan minyak atsiri di dalamnya dapat mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri penyebab bau badan. Kamu pun jadi lebih percaya diri.

Bahan-bahan alami yang terdapat dalam minuman tradisional ini adalah kunyit dan buah asam, serta dapat ditambahkan daun asam muda, temulawak, biji kedaung, perasan jeruk nipis, dan gula putih sebagai pemanis.

3. Jamu Sinom

Setelah meminum jamu yang pahit, biasanya kamu akan diberi sinom oleh si mbok. Sinom adalah daun asam jawa yang masih muda dan biasanya diramu dengan campuran temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, dan gula putih atau gula merah sebagai pemanis.

Tidak hanya rasanya yang enak, tapi jamu sinom juga dapat membuat menyegarkan tubuh dan membantu proses detoksifikasi. Jika racun-racun dalam tubuh dapat dikeluarkan, maka kulit wajahmu akan lebih bersih dan bebas dari jerawat. Kini, kamu bisa mendapatkan jamu sinom yang sudah banyak dijual di toko-toko dalam kemasan berbentuk botol dan disajikan dingin.

4. Jamu Pahitan

Seperti namanya, minuman tradisional ini memang memiliki rasa yang pahit. Tapi walaupun pahit, jamu ini punya banyak manfaat kecantikan lho, yaitu mencegah bau badan, mencegah timbulnya jerawat, melancarkan peredaran darah, dan menghilangkan gatal-gatal pada kulit. Jamu pahitan ini terbuat dari bahan- bahan seperti sambiloto, brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih, dan adas.

5. Jamu Kunci Sirih

Jamu kunci sirih merupakan perpaduan dari daun sirih dan temu kunci. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, daun sirih memiliki manfaat yang baik untuk wanita, yaitu mengatasi masalah keputihan, menghilangkan bau badan tidak sedap, dan mengatasi jerawat. Jamu kunci sirih juga dapat merapatkan organ kewanitaan, memperkuat email gigi dan mencegah peradangan. Selain terdiri dari daun sirih dan kunci temu, minuman ini juga dicampur dengan bahan-bahan seperti kunyit, kencur, jahe, kayu manis, kapulaga, asam jawa, serai, perasan jeruk nipis, garam, dan gula merah. (*)

(er/rhmn)

3 Hikmah Dari Kisah Perselingkuhan Menantu Dan Suami

0

NARASI, GUBUKINSPIRASI.com – Beberapa waktu lalu sempat heboh dan viral tentang perselingkuhan antara menantu dengan mertua. Udah dikasih produknya malah minta pabriknya, fakta yang lebih mengejutkan adalah, perselingkuhan itu juga terjadi bahkan sebelum mereka menikah pada 4 April 2021 lalu dan telah sampai pada tahap hubungan intim alias zina.

Puncaknya terjadi pada tanggal 16 November 2022, saat sang istri tidak ada di rumah karena bekerja. Menantu dan mertua ini digrebek oleh warga setempat sedang melakukan perbuatan tak senonoh di kamar. Karena panik, sang suami bejat ini lari melalui kamar mandi, sedangkan sang mertua ditemukan sudah tidak memakai selehai pakaian pun.

Sebenarnya saya tidak ingin kepo, melihat podcast saja saya tidak pernah. Saya baru membaca beritanya setelah ingin menulis Esai ini. Kira-kira ada beberapa hikmah dan pelajaran yang saya simpulkan dari kejadian tidak lazim ini.

Yang pertama adalah, Agama sebagai bekal dan pondasi utama dalam kehidupan. Betapa agama sangat mengatur kehidupan ini agar manusia benar-benar menjadi manusia dan bisa sampai pada ridha Allah SWT. “Wahai orang-orang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari Api Neraka” (terjemahan. QS. At-Tahrim ayat 6).

Memang ayat di atas tidak berarti dasar agama sebagai pondasi kehidupan, namun dengan apa kita menjaga keluarga kita dari api neraka? Jawabannya tiada lain dengan menggunakan iman dan taqwa. Sedangkan iman dan taqwa baru bisa diperoleh setelah belajar ilmu agama dengan baik. Belum lagi masalah-masalah yang berkaitan dengan Fiqh rumah tangga, seperti hukum-hukum Fiqh saat istri sedang haid, nifas dan masih banyak lagi.

Meme yang banyak beredar di internet terkait dengan kasus Suami dan Mertua / Istimewa

Bagaimana pun istri adalah tanggung jawab suami, mulai dari segi ekonomi sampai menanggung dosa anak juga istri. Bahkan Nabi Muhammad SAW pun bersabda: “Sungguh iblis meletakkan kursi singgasananya di atas air (lautan). Lalu ia utus pasukannya untuk menggoda manusia. Yang paling dekat dengannya adalah yang paling besar fitnahnya. Salah satunya datang menghadap dan berkata: ‘Aku telah melakukan ini itu.’ Iblis menjawab: ‘Kamu belum melakukan apa pun. Nabi saw bersabda: ‘Lalu datang yang lainnya dan berkata: ‘Aku tidak meninggalkan manusia hingga aku pisahkan antara dia dan istrinya.’ Nabi saw bersabda: ‘Lalu iblis itu mendekatkan salah satu pasukannya itu kepadanya dan berkata: ‘Kamu adalah pasukanku terbaik’.” (HR Muslim). (Abdul Wahab as-Sya’rani, Lawaqihul Anwar fi Bayanil ‘Uhudil Muhammadiyyah, [Beirut, Darul Kutubil ‘Ilmiyah: 2005], halaman 589-590).

Yang kedua kita harus beruang atau berduit. Mengapa begitu? Hal ini lebih ditujukan kepada laki-laki, saya yakin hal itu terjadi karena tersangka masih tinggal serumah dengan mertua. Sang mantan suami diketahui bekerja di sebuah minimarket dan mendirikan usaha mie Ayam bersama sang istri dengan nama Zyma Food. Kemungkinan kecil bahkan tidak ada kemungkinan sama sekali mereka akan selingkuh jika tinggal di rumah yang berbeda dengan mertua.

Kalau tinggal serumah dengan mertua kita tidak akan merasa bebas melanglang buana saat akan bermesra-mesraan bahkan bermain ‘Ampar-ampar Pisang’ dengan pasangan. Suka duka berumah tangga bakalan lebih terasa, sebab mertua sudah tidak akan ikut campur berbagai urusan suami-istri.

Yang terakhir adalah, memilih pasangan yang tepat. Di antara tujuan pernikahan adalah terciptanya keluarga yang sakinah (tenteram dan bahagia),  yang berdiri di atas podasi mawaddah wa rahmah (cinta dan kasih sayang). Tanda-tanda bahwa di memang pasangan yang tepat bagimu adalah saat kamu dekat dengannya kamu merasa nyaman dan aman.

Di antara salah satu sebab gagalnya rumah tangga adalah pasangan yang belum mencapai kedewasaan dalam menghadapi masalah rumah tangganya. Kesimpulannya adalah, jangan terburu-buru dalam menentukan pasangan hidup, karena menikah adalah ibadah terlama di dunia bahkan sampai akhirat. Perlu ada waktu untuk saling mengenal lebih dalam antara keduanya. (*)

*Hasby Ilman Hafid, biasa dipanggil Hasby, santri 18 tahun penyuka senja dan kopi. Menurutnya, menulis dan membaca itu bukan hobi, tapi kebutuhan. 

Mahasiswa UNUJA Probolinggo Amankan Posisi Pertama dan Kedua Kejuaraan Pencak Silat Jember National Championship 1 tahun 2023

0

JEMBER, GUBUKINSPIRASI.com – Gelanggang Olahraga (GOR) PKPSO Kaliwates Jember menjadi venue acara Kejuaraan Pencak Silat Jember National Championship 1 tahun 2023 yang digelar mulai 2-3 Januari 2023.

Kejuaraan Pencak Silat Jember National Championship 1 tahun 2023 dibuka secara simbolik oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Murdiyanto mewakili Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU.

Sebanyak 1301 Atlet Pencak Silat yang berasal dari 8 Kabupaten si-Jawa Timur ikut berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut.

Dalam jajaran tamu dan undangan yang hadir, turut hadir pula Ketua KONI Jember Sutikno, Ketua PSHT Jember H. Jono Wasinudin, Ketua Dewan Cabang PSHT Jember H. Muhtaris.

“Kejuaran ini merupakan kolaborasi antara Pemkab Jember dengan IPSI. Ini merupakan salah satu upaya untuk menggerakkan ekonomi. Harapannya untuk merasakan adanya event ini,” tutur Kadispora Jember.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jember, Agus Supaat mengaku bangga bisa menyelenggarakan event yang cukup besar di awal tahun. Kejuaraan ini diikuti oleh peserta dari kelompok usia SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Selain menjadi ajang meraih prestasi kejuaraan pencak silat ini juga diharapkan bisa menjadi ajang belajar, sekaligus menjalin kebersamaan diantara para peserta.

UNUJA Probolinggo Raih Juara 1 dan 2 Kelas Mahasiswa

Universitas Nurul Jadid, Paiton Probolinggo ikut berpartisipasi dalam Kejuaraan Pencak Silat Jember National Championship 1 tahun 2023 yang digelar mulai 2-3 Januari 2023.

Dua orang Atlet Pencak Silat kontingen Universitas Nurul Jadid ikut berpartisipasi. Shulton dan M Ridwan Fadilah, Mahasiswa Semester 1 Program Studi MPI ikut berpartisipasi.

Sedikit gugup terang Shulton dalam wawancaranya bersama dengan redaktur Gubuk Inspirasi, semunya tak terasa saat sudah berada di atas arena.

“Sempat kaget dan gugup saat dapat info peserta lomba lebih dari 1000 atlet. Untungnya sudah latihan dan tidak mempengaruhi hasil saat berada di arena lombanya.” Terang Shulton yang meraih juara pertama kelas Mahasiswa.

Mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dari Fakultas Agama Islam (FAI) UNUJA Probolinggo tersebut berhasil finish di posisi pertama usai mengalahkan lawan dan memperoleh nilai terbaik dari dewan juri.

Hadapi Lawan Sulit di Babak Final

Perjalanan Shulton dan Ridwan tidak bisa dibilang mudah dan bahkan penuh dengan rintangan.

Kedua mahasiswa yang merupakan mahasiswa program studi MPI Fakultas Agama Islam UNUJA Probolinggo tersebut mengakui bahwa terdapat banyak tantangan selama perlombaan, baik dalam persiapan maupun ketika perlombaan berlangsung.

Tantangan paling besar selama persiapan perlombaan menurut Shulton adalah membagi waktu antara latihan dengan kuliah yang notabene cukup kontras dengan bidang olahraga yang digeluti oleh keduanya.

Berkat dukungan dan support dari semua pihak, keduanya dapat mempersiapkan diri dengan baik dan berhasil membawa pulang raihan apik.

Tantangan lainnya adalah talenta muda Jember yang cukup dikenal sebagai salah satu Kota dengan perguruan dan kultur pencak silat yang cukup kental.

“Atlet lokal Jember lumayan bikin gugup, performanya bagus dan luar biasa.” Terang Ridwan.

Selain Shulton yang berhasil membawa pulang medali emas posisi pertama, kontingen lain dari Universitas Nurul Jadid turut membawa pulang raihan medali dengan memperoleh posisi kedua dalam Kejuaraan Pencak Silat Jember National Championship 1 tahun 2023.

M. Ridwan Fadilah berhasil finish di posisi kedua berkat penampilan yang memukau dan memperoleh poin dari dewan juri perlombaan tersebut. (*)

(rhmn/er)

Malaikat Kecil

Malaikat kecil turun beramai ramai
bersama gumpalan kecil airnya pada wadah tersulam dari jerami
jemari kecil malaikat mula-mula memercikkan air itu hingga gerimis datang
buat basah kaca jendela kamar mu…

Kacanya begitu kusam…
tampak dari garis garis wajah itu
Ah…. Tunggu sebentar
Kacanya yang kusam atau mimik wajah mu yang suram
“Aku tidak salah kan ?” Ungkap malaikat kecil itu sembari heran dan bertanya.

Walaupun malaikat kecil itu masih ingusan. Namun dia cukup peka memaknai goresan kegundahan.

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kulit! Gampang Banget!

0

“Selain karena faktor usia, banyak hal yang dapat memicu kerusakan kulit. Ini artinya, kesehatan kulit perlu dijaga dengan melakukan perawatan yang tepat.”

BEAUTY, GUBUKINSPIRASI.com – Menjadi organ tubuh manusia yang paling luar dan paling besar, kulit sangat rentan mengalami kontaminasi kotoran, kuman, dan bakteri. Acuh tak acuh terhadap kondisi kesehatan kulit bisa berdampak pada kondisi yang serius. Inilah mengapa, kamu perlu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan kulit dengan tepat. 

Merawat kulit sebenarnya tidak sebatas pada penggunaan produk perawatan kulit saja. Kamu juga perlu menerapkan kebiasaan hidup sehat untuk menunjang perawatan kulit dari dalam tubuh. Apa saja? Berikut tips mudahnya:

Membiasakan Pola Makan Sehat

Makanan yang kamu konsumsi sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan kulit. Tak hanya memenuhi asupan gizi seimbang, pastikan juga menu harian mengandung vitamin dan antioksidan yang memang penting untuk menunjang kesehatan kulit. Beberapa rekomendasinya, yaitu:

  • Sayuran dan buah dengan warna jingga atau kuning, seperti tomat dan wortel.
  • Sayuran yang berwarna hijau, seperti brokoli dan bayam.
  • Susu rendah lemak.
  • Buah beri.
  • Ikan salmon dan kembung.
  • Kacang-kacangan.

Mengelola Stres dengan Baik

Ketika kamu sedang stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang mengakibatkan meningkatnya produksi minyak alami pada kulit. Minyak yang berlebihan tentu akan berdampak pada penyumbatan pori-pori kulit dan membuat bakteri terjebak. Inilah mengapa kamu mengalami jerawat. 

Selain itu, perawatan kulit tentu tidak lengkap apabila kamu tidak mampu mengelola stres dengan baik. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang kamu sukai, atau langsung bercerita pada psikolog apabila kamu membutuhkan saran langsung dari ahlinya. 

Cukup Istirahat

Mendapatkan cukup tidur juga memberikan kulit waktu untuk istirahat dan memperbaiki sel yang mengalami kerusakan. Sebuah studi dalam Jurnal Clinical and Experimental Dermatology menyebutkan, orang yang mendapatkan tidur antara 7 sampai 9 jam saat malam mempunyai kulit yang lebih lembap. 

Tak hanya itu, mendapatkan cukup waktu tidur turut mencegah terbentuknya kantung mata. Selanjutnya, kerusakan pada kulit yang terjadi karena paparan sinar UV dan kulit kusam pun dapat dihindari. 

Tidak Merokok

Cara menjaga kesehatan kulit berikutnya adalah tidak merokok. Aktivitas ini mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah kecil pada lapisan kulit paling luar. Dampaknya, terjadi penurunan aliran darah dan kulit akan terlihat pucat serta kusam. 

Selain itu, merokok juga turut berperan dalam kerusakan elastin dan kolagen pada jaringan kulit. Padahal, keduanya merupakan protein yang sangat penting untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Kerusakan ini akan menyebabkan terbentuknya kerutan pada kulit sehingga kulit pun terlihat lebih tua. 

Aktif Bergerak

Melakukan aktivitas fisik secara rutin akan membantu menjaga kulit tetap sehat, lho! Caranya dengan meningkatkan asupan darah yang kaya nutrisi dan oksigen pada sel kulit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Aging Cell menyebutkan, tubuh akan melepaskan suatu senyawa yang dinamakan IL-15 ketika melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. 

Nutrisi dan oksigen yang tepat akan membantu sel kulit meremajakan diri. Sedangkan IL-15 dapat membantu menghambat terjadinya kerusakan kulit sampai ke tingkat sel. Akhirnya, kulit pun akan tetap sehat dan tidak cepat mengalami proses penuaan dini. 

Nah, itu tadi beberapa cara menjaga kesehatan kulit yang bisa kamu lakukan. Terapkan secara disiplin untuk mendapatkan hasil kulit sehat lebih maksimal, ya!

Referensi:
Crane, Justin D., et al. 2015. Diakses pada 2022. Exercise-stimulated interleukin-15 is controlled by AMPK and regulates skin metabolism and aging. Aging Cell 14(4): p.625-634.
Oyetakin-White, P., et al. 2014. Diakses pada 2022. Does poor sleep quality affect skin ageing? Clinical and Experimental Dermatology 40(1): p.17-22.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. 5 tips for healthy, glowing skin.
News in Health. Diakses pada 2022. Keep Your Skin Healthy.

Malam – Sebuah Puisi oleh Irfan

0

Malam malam yang berlalu adalah matamu

menyimpan keindahan yang sunyi dari keramaian
Malam malam yang berlalu adalah penatmu

ketika tubuh penuh lelah datang dan bersandar di pangkuan ku
Malam malam yang gelap adalah manjamu

dengan kata kata yang aku rindu setelah siang berlalu


Malam malam yang dingin ada ditelapak tangan mu

datang mengelus pipi pergi menuai air mata
Malam malam yang dingin ada pada bibirmu

mengkaku dengan gagap berbisik sebuah cerita
Malam malam sunyi adalah harapan mu

yang ditindih kejamnya dunia dan engkau harus tertawa

Verified by MonsterInsights