Sunday, October 2, 2022
Home Blog

PMII Rayon Nusantara Adakan Sharing Knowledge Of Movement

0

Probolinggo, Gubukinspirasi – Pengurus Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Nusantara adakan kegiatan Sharing Knowledge of Movement yang bertajuk “menyingkap rahasia dengan berbaur” bertempat di Gedung KH. Hasan Abdul Wafi (B) Universitas Nurul Jadid, Sabtu, 01 Oktober 2022.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus PMII Rayon Nusantara dan Mahasiswa Baru (Maba) angkatan 2022 prodi Komunikai dan Penyiaran Islam (KPI) maupun Ilmu Qur’an Tafsir (IQT). Sahabat Misbahul Arifin sebagai Ketua Rayon Nusantara memberikan selayang padang terkait sejarah PMII di Nurul Jadid khususnya Rayon Nusantara.

Selain itu, juga menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini. “Ini salah satu bentuk kita ajang bersilaturrahim pengurus PMII Rayon Nusantara dengan angkatan 22 prodi KPI maupun IQT,” ujar pria kelahiran Bondowoso itu.

Di lain sisi,  Misbah juga memberikan pengalaman pentingnya berorganisasi. “Pentingnya ikut organisasi menambah pengetahuan dan pengalaman kita, selain di bangku kuliah. Karena apabila kita mengharap di kelas saja cuma sedikit dapatnya, selebihnya di luar kelas,” tambahnya.

Anggota Biro Keagamaan Sahabat Abdurrahamn Yusufi mengatakan bahwa kalau mau berproses di organisasi. “Kita perlu menganal melalui sejarah organisasi tersebut,” tegasnya.

Sahabat Aris Sandi snggots Biro Kaderisasi menambahkan dalam khusunya organisasi PMII. “Sebagai anggota yang mau berproses, harus berkarya sesuai dengan skill sahabat-sahabat dan ini salah satu pengembangankan skill nya,” paparnya.

Di samping itu, Sahabat Ahmad Rifa’i selaku pengurus Biro Kominfo dan Publikasi melanjutkan dari beberapa sahabat yang telah memberikan pengetahuan dan pengalamannya, berproses jangan dijadikan beban. “Jadikan hoby dan buatlah cerita yang indah selama kalian berproses,” katanya.

BBM Non Subsidi Turun ?

0

Harga Bahan bakar minyak diturunkan non subsidi diturunkan oleh pemerintah ? Ya, hal ini betul terjadi. 

Pihak manajemen PT Pertamina (Persero) menyampaikan kebijakan ini di ambil sebagai bentuk pelaksanaan dari Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Apakah hal ini berlaku untuk semua bahan bakar non subsidi ?. Tentu saja tidak! Walupun Harga Pertamax Ron 92 dan Pertamax Turbo RON 98 turun. PT Pertamina menaikkan harga dexlite dan pertamina dex. 

Kenaikan dan penurunan harga BBM berbeda disetiap provinsi. Seperti di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur hingga Papua.

Pelahap Kenangan ; Sebuah Cerita Pendek Karya Agus Noor

0

Kau bisa dengan mudah mengenali orang-orang yang hidup dalam kenangan. Mereka selalu terlihat murung. Tahukah kau, karena dalam kepala mereka ada belatung yang perlahan-lahan menggerogoti kenangan mereka. Tapi mereka tak pernah menyadarinya.

Kenangan memang seperti peta buta, yang bisa membuat kita tersesat di dalamnya. Aku pernah melihat orang yang terperosok dalam kenangannya yang mengerikan. Orang-orang bahkan selalu merasa bergidik setiap ada yang menceritakan kembali apa yang terjadi padanya. Ia dianggap menghasut buruh untuk melakukan pemogokan, lalu terjadi kerusuhan di pabrik garmen tempatnya bekerja. Sebuah gudang terbakar. Aparat menciduknya.

Sebulan setelahnya ia dipulangkan dengan ambulan. Tubuhnya nyaris lumpuh, dan ingatannya kosong. Ia tak bisa mengingat apa yang terjadi, atau memang tak ingin mengingatnya. Orang-orang hanya menduga-duga berdasarkan desas-desus: selama diinterogasi kepalanya dibenamkan dalam karung berisi pasir, dan kemudian dihajar dengan pentungan. Itu cara efektif membuat gegar otak tanpa perlu membuat batok kepala retak. Disetrum berulang-kali dan disundut pelupuk matanya dengan rokok. Dan bokongnya disembelit dengan gombal hingga ia tak bisa berak.

Kenangan buruk membuatnya seperti pohon keropos yang digerogoti dari dalam. Sepanjang hari ia tergeletak di ranjang dengan pandangan kosong.

Sampai akhirnya ia bunuh diri, menghantam kepalanya pakai kapak. Seperti semangka busuk, kepalanya terbelah remuk, dengan ribuan belatung melahap sisa otak yang berceceran.

Belatung-belatung itu…

***

Ren menceritakan padanya perihal orang-orang yang bisa memalsu kenangan. Mereka adalah Sindikat Pemalsu Kenangan. Ren yakin, mereka sudah ada sejak dulu kala, jauh sebelum manusia. Mereka terlahir dari kenangan. Sebab Tuhan lebih dulu punya kenangan, sebelum menciptakan manusia.

Mereka seperti persaudaraan rahasia. Mereka makhluk-makhluk abadi pelintas ruang dan waktu. Sesekali mereka menampakkan diri, berjubah kelabu, dengan wajah tersamarkan topi yang juga berwama kelabu, seperti bayangan terselimuti kabut, tetapi kau menyangka hanya hantu, yang segera menghilang dari hidupmu, ujar Ren meyakinkan. Mereka muncul untuk menemui orang-orang yang membutuhkan kenangan.

Di dunia ini, jumlah orang yang memiliki kenangan buruk jauh lebih banyak dibanding mereka yang punya kenangan menyenangkan. Dan mereka yang hidupnya dipenuhi kenangan buruk pastilah ingin menggantinya dengan kenangan menyenangkan. Begitulah, ujar Ren, para pemalsu kenangan itu sering muncul tak diduga, sering kali dengan cara menyaru dan merayu, memberi kenangan palsu, dan menanamkannya ke dalam ingatan. Seperti ketika kau meng-copy-paste sebuah tulisan.

Ren bersumpah bila dirinya pernah bertemu seorang ibu, yang menyaksikan anaknya diperkosa di depan matanya ketika terjadi kerusuhan. Ketika tak lagi mampu menanggung kenangan menyedihkan itu, pemalsu kenangan muncul dan memberinya kenangan indah: anaknya yang telah mati itu masih hidup tenteram di sebuah tempat yang membahagiakan. Punya kenangan palsu yang menyenangkan pastilah jauh lebih baik ketimbang terus-menerus hidup dengan kenangan buruk. Aku yakin, kata Ren, di semesta ini ada mesin raksasa yang diam-diam merekam semua kenangan manusia. Dan dengan mesin itu mereka menyalin dan memalsukan kenangan.

Niar menatap sahabatnya yang terus bercerita tentang pemalsu kenangan itu. Sebenarnya ingin sekali mengatakan pada Ren, ia telah didatangi orang-orang berjubah kelabu itu.

Terbayang belatung-belatung itu…

***

Pertama kali ia melihat sosok berjubah kelabu di pemakaman Yosi. Ia mendengar kasak-kusuk tentang belatung-belatung yang keluar dari telinga mayat rekan sekantornya. Sosok berjubah kelabu itu berdiri di kejauhan, di bawah bayangan pohon, dan seakan tak seorang pelayat pun melihat kecuali dirinya.

Ia tak punya kenangan buruk. Memang ia sering merasa sedih bila teringat cintanya pada beberapa lelaki yang selalu berakhir menyakitkan. Kenangan patah hati bukanlah kenangan yang perlu diratapi. Ia masih berumur 26 tahun, cantik dan sebagai akuntan kariernya lebih dari lumayan, maka persoalan cinta bukanlah persoalan yang perlu dikhawatirkan. Ia juga punya kenangan buruk saat kanak-kanak, ketika ayahnya kerap memukulinya, tapi ia sudah tak terlalu membenci ayahnya. Ia tak membutuhkan pemalsu kenangan untuk menyelamatkan hidupnya.

Tetapi bagaimana pun ia merasa cemas ketika sering melihat sosok berjubah kelabu itu, seakan terus mengawasi dan mengintainya. Seperti malaikat maut yang sabar menunggunya lena. Ketika hendak tidur, ia merasa seperti ada mata kelabu mengintai dari balik jendela. Saat ia menyibakkan korden, ia melihat bayangan kelabu berdiri di bawah pohon seberang jalan, terus mengawasinya. Ketika bangun pagi hari, sosok berjubah kelabu itu masih berdiri di sana. Bahkan ketika hujan turun begitu deras, sosok berjubah kelabu itu terus bergeming. Ketika ia menyetir, ia sering melihat bayangan sosok berjubah kelabu itu berkelebat, terlihat bergegas mengikuti mobilnya di tengah kemacetan jalan. Bahkan ketika ia tertidur, ia merasa sosok berjubah kelabu itu berdiri mengawasinya seolah muncul dari balik dinding.

Itu membuatnya gelisah. Ia jadi sering bermimpi melihat mayat Yosi, tergeletak dengan mata terbelalak tapi tampak kosong, seakan seluruh ingatan dan kenangannya telah dihapuskan. Dan belatung-belatung merayap keluar dari lubang telinganya. Belatung-belatung putih, gemuk dan lembek seperti gajih.

Sepertinya ia harus mengatakan pada Ren.

***

“Jadi, menurutmu, mereka memasukkan belatung ke dalam otak untuk melahap kenangan?” tanya Ren. Niar mengangguk, meski tak terlalu yakin.

“Ya. Menurutku, mereka tak hanya menyalin dan memalsukan, tapi sesungguhnya ingin menghapus kenangan.”

Sore itu mereka bertemu di kedai kopi. Niar menyukai kedai ini. Perabotnya yang sederhana seakan tak ingin menyamarkan rasa kopinya. Mata Niar berkali-kali melirik, memastikan tak ada sosok berjubah kelabu tengah mengawasinya. Ren bisa merasakan kecemasan Niar. Wajahnya yang tirus menjadi semakin terlihat lelah. Bibirnya bekali-kali menyentuh cangkir tanpa mencecap kopi.

“Memangnya apa yang harus dihapus dari dalam otakmu?”

Niar terdiam memejam. Membayangkan segerombolan orang berjubah kelabu menyekapnya dalam gudang gelap, lalu menyuntik kepalanya. Ingatan seperti air yang disiram di papan tulis. Tumpahkan air ke papas tulis, dan air itu akan menguap hilang. Yang tetap membekas adalah debu kapur tulis yang ditorehkan di papan. Itulah kenangan yang tetap melekat di otak. “Aku pernah membaca, ada tujuh miliar magnetite mikroskopik dalam otak, seperti kristal mineral, di mana kenangan disimpan. Mungkin belatung-belatung itu perlahan-lahan berbiak dalam otak, seperti cahaya yang pecah dan menyebar, melahap kristal magnetite itu, melahap ingatan dan kenangan, seperti rayap melahap kayu. Itulah yang membuat orang-orang yang kehilangan kenangan menjadi terlihat murung.”

“Bagaimana belatung-belatung masuk dalam otak?”

“Yang jelas tidak terlebih dulu mengucapkan spada atau assalamualaikum.”

Ren tergelak. Niar selalu bisa berkelakar ketika sedang serius.

“Kau pernah dengar berita susu dan makanan kaleng yang ditemukan ada cacingnya? Mungkin juga belatung-belatung itu masuk lewat makanan. Sindikat Pemalsu Kenangan itu tak hanya membuat kenangan palsu, tapi juga memproduksi belatung-belatung organik untuk dimasukkan dalam makanan atau minuman.”

“Belatung-belatung organik? Lo kira beras, organik!” Ren tersenyum.

“Kamu sendiri pernah bilang, di dunia ini ada mesin raksasa yang merekam semua kenangan manusia, boleh jadi mereka juga punya pabrik raksasa untuk memproduksi belatung-belatung itu.” Niar lalu memandang bayangan langit di luar jendela. Mungkin di balik langit itulah mesin itu tersembunyi. Ada hal-hal yang dianggap berbahaya dan tak boleh diingat atau dikenang lagi. Untuk itulah belatung-belatung itu dibuat. Cara terbaik menghapus sejarah ialah dengan menghapusnya dari ingatan. Dengan memasukkan belatung dalam otak itulah mereka menghapus ingatan. “Karena memberi arsenik atau sianida terlalu gampang terlacak. Itu yang mencemaskanku.”

“Aku tak tahu, kenapa mereka ingin menghapus ingatan atau kenanganmu, yang membuatmu cemas seperti ini.” Ren menggenggam tangan Niar. “Cobalah permen ini. Aku selalu makan perman ini bila sedang gelisah.”

Niar tersenyum. Di saat-saat seperti ini, alangkah membahagiakan punya kawan penuh perhatian seperti Ren.

***

Sampai di rumah Niar langsung menghempaskan tubuhnya yang terasa begitu lelah. Kecemasan kian membuatnya mual. Orang-orang berjubah kelabu itu pastilah terkait dengan kematian Yosi. Tiga hari setelah kematian Yosi, ia diminta menghadap direksi. Ia dan Yosi sama-sama di bagian finansial. Memang ada yang tak beres di kantornya, dan itu menyangkut kasus korupsi. Beberapa media sesekali menyebut nama perusahaan, tapi kemudian berita itu langsung senyap. Sebenarnya ia ingin menceritakan pada Ren, bahwa itulah yang membuatnya cemas. Ia ingat apa yang dikatakan para direksi, agar ia tak menceritakan pada siapa pun, karena kasus itu tak hanya menyangkut perusahaan, tapi juga nama-nama orang penting di lingkaran istana.

Sementara Ren, di ruang tengah rumahnya, duduk tercenung mengingat pertemuannya dengan Niar di sebuah pesta. Pada saat itulah ia pertama kali menceritakan perihal Sindikat Pemalsu Kenangan pada Niar, karena perempuan itu terlihat selalu murung di pesta. Niar pasti menyangka pertemuan mereka di pesta itu kebetulan. Tapi tidak. Satu hal yang tak diceritakan pada Niar, bahwa para pemalsu kenangan itu sering kali juga membujuk orang untuk menjadi kaki tangan mereka.

Ren tak terkejut ketika sosok berjubah kelabu muncul dan duduk di depannya. “Kau sudah memberi permen itu padanya?” Suaranya terdengar dingin. Ren mengangguk.

Malam itu, di kamarnya, Niar tidur meringkuk, begitu lelap. Ada belatung merayap keluar dari lubang telinganya. (*)

Agus Noor, cerpenis ini menetap di Yogyakarta, tetapi lebih banyak bekerja di Jakarta. Tahun 1987 cerpennya “Kecoa” dimuat Kompas pertama kali dan sejak itu cerpen-cerpennya mengalir di Kompas Minggu. Kemudian, cerpennya “Peang” masuk dalam buku Cerpen Pilihan Kompas yang ketiga. Puncaknya, cerpen Agus “Kunang-kunang di Langit Jakarta” bersanding dengan “Salawat Dedaunan” (Yanusa Nugroho) menjadi Cerpen Terbaik Kompas 2012.
I Wayan Wirawan, lahir di Sukawati, Gianyar, 27 November 1975. Belajar seni lukis tradisi gaya Batuan tahun 1987-1992. Tahun 1991 diundang The International Society for Educational Information, Jepang, untuk studi banding seni tingkat pelajar. Studi SMSR Denpasar selesai 1995 kemudian melanjutkan ke ISI Yogyakarta. Finalis Mandiri Art Award 2015.

Daya Listrik 450 VA Tidak Dihapus, Tapi…

0

NASIONAL, GUBUKINSPIRASI.com – Presiden Jokowi (Joko Widodo) menyampaikan, tak ada penghapusan dan pengalihan golongan pelanggan listrik dengan daya 450 VA (Volt Ampere).

“Tidak ada penghapusan untuk yang 450 VA, tidak ada juga perubahan dari 450 VA ke 900 VA. Gak pernah kita berbicara mengenai itu,” katanya dikutip dari laman resmi Setkab RI, Rabu (21/9/2022).

Kepala Negara memastikan, pemerintah akan tetap memberikan subsidi bagi pelanggan listrik 450 VA. Ia pun berharap masyarakat tak perlu resah menanggapi isu penghapusan dan pengalihan tersebut.

“Jangan sampai yang nanti yang di bawah resah gara-gara statement mengenai itu,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Energi dab Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, wacana penghapusan dan pengalihan dinilai kurang tepat diimplementasikan saat ini. 

Itu kata dia, lantaran peningkatan ke daya listrik 900 VA berpotensi meningkatkan penggunaan listrik yabg selaras dengan peningkatan biaya.

“Kalau daya listrik naik pasti akan ada dampaknya. Otomatis pembayarannya yang mengikuti 900 VA. Nah itu kan enggak jelas, apalagi dikemukakan pada saat-saat seperti ini. Jadi sensitif,” katanya, dikutip dari laman Kementerian ESDM.

Diketahui, PT PLN (Persero) melakukan penyesuaian tarif tenaga listrik kepada pelanggan rumah tangga mampu nonsubsidi golongan 3.500 VA ke atas.

Hal itu tertuang dalam Surat Menteri ESDM No. T-162/TL.04/MEM.L/2022 tanggal 2 juni 2022 tentang Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik (periode Juli-September 2022).

Mengutip dari siaran pers PT PLN (Persero),  pelanggan rumah tangga dengan daya di bawah 3.500 VA, bisnis dan industri, tudak mengalami perubahan tarif.

Adapun tujuan dari penyesuaian tarif ini dilakukan guns mewujudkan tarif listrik yang berkeadilan di mana kompensasi diberikan kepada masyarakat yang berhak.

BUMN Juga Buka Suara

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga buka suara soal hal tersebut. Kata dia, pihaknya tak berencana menaikkan tarif listrik dan pengalihan golongan pelanggan listrik 450 VA ke 900 VA. 

“BUMN tidak pernah punya rencana untuk menaikkan tarif listrik dengan menghilangkan pelanggan 450 VA dan mengubahnya menjadi 900 VA,” ujarnya dalam keterangan resminya.

Ia menyampaikan, pemerintah terus berupaya meringankan beban masyarakat. Apalagi, lanjut dia, saat ini masih dalam dinamika ekonomi global dan proses pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

“Sesuai dengan pernyataan bapak Presiden Jokowi, kami dari Kementerian BUMN belum ada rencana menaikkan,” jelasnya.

Ia pun meminta, masyarakat tak cemas dan khawatir mengingat Kepala Negara juga telah memberikan penegasan terkait tak adanya kenaikan tarif listrik maupun pengalihan daya listrik 450 VA tersebut.

“Pemerintah tetap memberikan subsidi bagi masyarakat pengguna daya listrik 450 VA.  Jadi masih diberikan dan masyarakat tidak perlu khawatir,” ujarnya. 

Sebelumya, Badan Anggaran (Banggar)  DPR RI juga menyampaikan, hingga saat ini pelanggan listrik yang berdaya 450 VA dan 900 VA termasuk kategori rumah tangga yang mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah.

Ketua banggar DPR RI Said Abdullah mengatakan, ini perlu ditegaskan karena telah diopinikan pelanggan 900 VA tidak termasuk pelanggan listrik yang disubsidi pemerintah. 

Kata dia, opini tersebut untuk mengiring agar terjadi penolakan pelanggan yang berdaya 450 VA untuk di alihkan ke 900 VA.

Ia menjelaskan, upaya peralihan energi tak hanya pada sektor rumah tangga, melainkan pada sektor transportasi yang ternyata menyerap 46 persen dari total konsumsi energi nasional.

“Oleh sebab itu, saya mengapresiasi langkah nyata Presiden Joko Widodo yang menjadi pelopor penggunaan kendaraan dinas pemerintah berpenggerak listrik,” katanya dalam keterangan tertulisnya dikutip TIMES Indonesia.

Kata dia, pihaknya sudah memberikan persetujuan anggaran kepada pemerintah melalui penyertaan modal negara (PMN)  sebesar Rp 10 triliun untuk membangun infrastruktur ke sentra produksi baik UMKM maupun industri besar untuk mendorong peningkatan permintaan terhadap listrik.

Diharapkan, transformasi ini mengubah beban subsidi dari oil heavy ke electric heavy. Sehingga subsidi solar yang konsumsinya 95 persen dinikmati rumah tangga mampu setara 1,69 juta kiloliter bisa dialihkan. 

Termasuk juga konsumsi pertalite yang dikonsumsi rumah tangga mampu sebanyak 80 persen atau setara 15,89 juta kilo liter bisa direlokasi untuk subsidi terhadap listrik agar lebih efisien dan tepat sasaran.

Bahkan, subsidi akan lebih efisien bila secara perlahan menggeser subsidi LPG yang 68 persen dinikmati rumah tangga mampu.

Anggarannya dapat dialokasikan untuk rumah tangga miskin mengakses energi listrik untuk kebutuhan sehari hari. LPG dapat dikhususkan untuk pedagang keliling, pelaku usaha mikro dan kecil.

Dan Presiden Jokowi pun menegaskan, tak ada penghapusan serta pengalihan golongan pelanggan listrik dengan daya 450 VA.

Rekomendasi 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Bikin Kontenmu Jadi makin Menarik dan Aesthetic

0

TEKNOLOGI, GUBUKINSPIRASI.com – Untuk mendapatkan sebuah karya foto yang bagus, tentu tidak dihasilkan dengan cara sembarang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dapat menangkap gambar atau momen yang bikin orang berdecak kagum.

Selain proses pengambilan gambar, proses pasca produksi juga sangat berpengaruh terhadap hasil akhir sebuah foto. Salah satu hal terpenting dalam fotografi adalah proses pasca produksi seperti retouching atau color grading dengan aplikasi edit foto.

Tujuan dari adanya aplikasi edit foto sendiri adalah untuk menjadikan hasil tangkapan kamera yang kurang sempurna menjadi lebih baik berdasarkan penglihatanmu.

Mulai dari pengaturan segi cahaya, kontras atau segi warna, dan lain sebagainya. Usaha yang perlu Kamu lakukan untuk menghasilkan sebuah karya fotografi yang indah dan menawan tentunya adalah selalu berlatih secara konsisten.

Aplikasi edit foto terbaik ini dapat Kamu gunakan hanya dengan modal seperangkat smartphone. Tetapi, apabila Kamu ingin melakukan pengeditan foto yang lebih kompleks, Kamu dapat menggunakan seperangkat PC atau komputer. Hal itu bergantung kebutuhan dan kenyamanan pada saat Kamu melakukan pengeditan foto.

Nah, berikut ini adalah aplikasi edit foto terbaik yang berhasil Gubukinspirasi.com rangkum untuk para penggemar karya seni dari fotografi. Selamat Membaca!

1. Adobe Photoshop Express

Aplikasi edit foto terbaik yang pertama tentunya adalah Adobe Photoshop Express. Apabila Kamu sudah sering melakukan edit foto, pasti Kamu sudah sangat familiar dengan aplikasi satu ini. Aplikasi edit foto buatan Adobe ini menjadi salah satu media edit foto yang cukup cepat dan cukup mudah sehingga sangat cocok untuk media belajar pemula dan kebutuhan para profesional.

Tampilan dari Adobe Photoshop Express sendiri dikenal minimalis dan sederhana sehingga sangat cocok untuk para pecinta keindahan visual.

Adobe Photoshop Express dilengkapi fitur editing yang sangat melimpah dan mudah untuk digunakan, misalnya saja seperti crop, straighten, rotasi, flip foto, dan lain sebagainya.

Tak lupa, aplikasi ini juga menyediakan fitur blemish dan removal, yang mana memiliki fungsi untuk melakukan pembersihan hasil karya milikmu dari kotoran maupun noda yang mengganggu.

2. Adobe Photoshop Lightroom

Aplikasi edit foto terbaik yang kedua adalah Adobe Photoshop Lightroom. Adobe Photoshop Lightroom ini sendiri bisa dikatakan sebagai bentuk portable dari software Adobe Lightroom yang sudah biasa digunakan di PC. Adobe Photoshop Lightroom dapat menjadi salah satu aplikasi andalan yang bisa Kamu gunakan untuk melakukan edit foto melalui smartphone.

Cara untuk mengoperasikan aplikasi ini pun tidak terlalu berbeda dengan versi softwarenya. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa Adobe Photoshop Lightroom versi smartphone justru lebih mudah.

Adobe Photoshop Lightroom juga mampu membantu Anda untuk menghilangkan objek dalam foto yang mengganggu, sehingga hasil karya Anda bisa terasa lebih halus dan sempurna. Tidak hanya berhenti di situ, Adobe Photoshop Lightroom juga bisa digunakan untuk memperhalus dan mempertajam warna.

Sebagai salah satu aplikasi edit foto terbaik ini menyediakan fitur yang cukup lengkap sekaligus ragam filter yang sangat menarik. Adobe sendiri memberikan ruang sebesar 20GB hingga 1TB sebagai tempat penyimpanan hasil edit foto Kamu.

Meskipun aplikasi ini gratis untuk dimiliki, tetapi ada beberapa fitur yang hanya bisa diakses apabila Anda melakukan upgrade ke tingkat premium.

3. VSCO Cam

Aplikasi edit foto terbaik yang ketiga dan cocok untuk digunakan di ponsel adalah VSCO Cam. VSCO Cam dapat disebut sebagai salah satu aplikasi edit foto yang sangat bisa diandalkan bagi para pecinta fotografi.

VSCO Cam menyediakan banyak sekali filter dengan keunikannya masing-masing. Filter yang tersedia dalam aplikasi VSCO ini disajikan sesuai kategori abjad, sehingga membuat pengguna bisa lebih mudah dalam mengingatnya. Selain itu, VSCO juga melengkapi fitur edit foto yang bisa digunakan untuk melakukan pengubahan tone warna foto supaya terasa lebih hidup.

Tidak hanya berhenti di situ, beberapa orang menganggap bahwa VSCO lebih artistik dibandingkan aplikasi edit foto yang lain. Hal itu dikarenakan VSCO sangat mendukung para pengguna yang menyukai tampilan foto gaya vintage atau hand dirty.

Beberapa tools yang berfungsi untuk menonjolkan warna tertentu, seperti exposure, highlight dan shadow akan sangat berguna dalam menghasilkan karya foto memiliki kesan gelap dan kuno, tetapi mewah.

Hal yang membuat VSCO sangat disukai para penggunanya adalah interaksi dengan komunitas. VSCO merupakan salah satu aplikasi edit foto yang memiliki komunitas kuat. Dalam komunitas tersebut, Kamu bisa saling berbagi foto secara langsung melalui aplikasinya.

Seperti aplikasi lainnya. Meskipun gratis, ada beberapa filter yang tidak bisa dipakai secara gratis. Jika pengguna ingin melakukan akses untuk filter-filter khusus dari VSCO, maka pengguna diharuskan untuk melakukan upgrade ke premium sehingga mendapatkan akses tanpa batas.

4. Snapseed

Aplikasi edit foto terbaik yang keempat adalah Snapseed. Hingga kini, Snapseed masih menjadi salah satu aplikasi edit foto andalan dari Google. Snapseed bisa jadi salah satu rekomendasi terbaik untuk melakukan editing foto karena terdapat 28 jenis fiturnya yang gratis.

Misalnya saja seperti, beragam filler yang menarik dan sangat mudah untuk diaplikasikan ke dalam foto.

Pengguna Snapseed juga lebih dimudahkan ketika melakukan pengaturan warna foto yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

Tak hanya menyediakan fitur edit foto dasar atau standar, aplikasi ini juga memberikan kelengkapan filter untuk menjadikan hasil foto karyamu tampak lebih keren dan menawan.

Beberapa filter andalan dalam Snapseed yaitu seperti filter Retrolux, Vintage, Tilt Shift, Grunge, Drama, hingga berbagai filter keren lainnya.

Dalam aplikasi ini, Kamu dapat mengakses semua fitur secara gratis tanpa khawatir dengan muncul gangguan dari ads atau iklan. Kamu juga bisa dengan melakukan publish file foto yang telah diedit untuk disimpan atau secara langsung dibagikan ke berbagai kanal media sosial.

Snapseed juga memiliki beberapa kelebihan lain, misalnya seperti mengedit foto dengan format RAW dan DNG, sehingga hasil foto bisa dilakukan konversi menjadi format JPG walaupun kualitasnya akan menurun.

Sudah bukan rahasia lagi, foto berformat RAW memiliki lebih banyak posibilitas dan kemudahan dalam proses pengeditan namun tidak bisa diedit dengan aplikasi sembarang. Snapseed adalah salah satu opsi yang bisa Kamu gunakan lo.

5. Pixlr

Aplikasi edit foto terbaik yang kelima adalah Pixlr. Pixlr ini menjadi salah satu aplikasi edit foto alternatif bagi Kamu para pecinta keindahan visual. Hal itu dikarenakan aplikasi ini sangat mudah untuk dioperasikan. Beberapa orang juga sering menyebut aplikasi ini menyimpan berbagai efek serta filter artistik yang sangat melimpah.

Hasil foto yang telah Kamu edit bisa dengan mudah dibagikan secara langsung ke media sosial.
Namun, Pixlr tidak hanya fokus pada foto. Aplikasi Pixlr ini juga sangat memungkinkan untuk Kamu dalam menciptakan desain grafis sesuai selera. Hal itu dikarenakan Pixlr mampu membuka beberapa jenis format foto, misalnya seperti PSD, PXD, JPEG, PNG, dan lain sebagainya.

Hanya saja, salah satu yang banyak dikeluhkan pengguna dari aplikasi ini adalah banyaknya iklan pop-up yang bermunculan. Sebagai aplikasi gratisan, Kamu perlu bersabar untuk dapat terbiasa dengan berbagai iklan tersebut. Apabila Kamu tidak ingin melihat iklan pop-up itu, Kamu hanya perlu melakukan upgrade ke Pixlr versi premium yang telah terbebas dari iklan.

Pixlr pada dasarnya dianggap sebagai aplikasi edit foto yang sangat efektif dan lebih mudah daripada aplikasi lainnya.

Pixlr sendiri memberikan berbagai penawaran fitur yang menarik, mulai dari border, efek, overlay, dan masih banyak lagi.

Untuk memiliki aplikasi ini, Kamu dapat mengunduh aplikasi edit foto Pixlr melalui Play Store maupun App Store.

Demikian adalah beberapa aplikasi edit foto terbaik yang bisa digunakan untuk semakin meningkatkan kualitas karya fotografimu. Edit foto sendiri merupakan keterampilan yang perlu dilatih secara terus menerus. Jadi, selamat berlatih para pecinta keindahan visual.

3 Myths About Coconut Charcoal for Hookah

0

This article is written for one who is buying coconut charcoal for wholesale or export/import purpose. If you are just smoking hookah/shisha – do not read this article. 

I am a manufacturer of coconut charcoal for hookah and shisha. My charcoal factory is located in Sidoarjo, East Java, Indonesia. Every day I receive 2-5 inquiries for coconut charcoal. I find out 3 most common myths about coconut charcoal. 

Coconut Charcoal Myth #1

Buying coconut charcoal from Indonesia is very cheap. Well, yes it is particularly true. Coconut charcoal in Indonesia is cheap but not very cheap. Price for coconut charcoal for hookah in Indonesia was between 1,000 and 1,450 USD per tonn in January-April 2019. This price range is due to a different specification. So better quality – higher the price. 

Please do not believe that you can buy coconut charcoal with a price of $500 to $900. Sure you can find a couple of proposals in Alibaba to buy this super cheap coconut charcoal. Most of these proposals are fake. Or they sell you not a coconut but wood charcoal.

Why you cannot buy coconut charcoal cheaper than 1000 USD in 2019? The price for coconut charcoal depends on the price of coconut shells. Coconut shells cost from 300 to 500 USD per tonne if you buy directly from farmers without a middleman. After buying empty coconut shells you have to clean it from residue, coconut meat, coconut hair. Then dry it under the sun for a week. 

Only after that, you can start burning and making coconut shell charcoal. To produce 1 kg of coconut shell charcoal you have to burn out 5 kg of empty sun-dried coconut shells. Then you have to bring it to your factory to crush and mix it with formula.

The final production cost of coconut charcoal for hookah and shisha is about 900 to 1300 USD per tonne. The charcoal factory makes from 10 to 15% profit. So do not believe is someone sells you coconut charcoal with a price cheaper than that.

Price can change due to Rupiah to Dollar exchange rate. Charcoal factories are buying coconut shells paying in Indonesian Rupiah (IDR). If USD is high – and Rupiah is weak it means you can buy more charcoal with the same amount of USD. 

This happened November 2018, when price IDR to USD was 14500 and buyers purchased good coconut charcoal with the cost of 800-900 USD per tonne.

Coconut Charcoal Myth #2

To buy coconut charcoal for hookah and shisha is easy in Indonesia. Yes, there are about 30 charcoal factories working in Indonesia. But you can find several hundreds of middle man you pretend to be or to own charcoal factory.  

If you are lucky and find coconut charcoal factory (like mine) – please be ready to wait in line to get your orders. Why? For example, my charcoal factory can produce up to 1 container of coconut charcoal a week. I have 5 regular buyers who order once in a 2-3 month. Often two buyers order at the same time. So it means one has to wait while I produce for another.

Another problem is the availability of empty coconut shells. Two-three times a year becomes very difficult to find good empty coconut shell for the production. So some charcoal factories start to mix coconut with wood charcoal.

Coconut charcoal myth #3

It is easy to maintain the constant quality of coconut charcoal. Unfortunately, it is far from the truth. Specification of coconut charcoal depends on a) quality of coconut shells and b) mixing formula.

Quality of coconut shells is the most important part of manufacturing coconut charcoal for hookah & shisha. Burning process (piroliz) influence on the ash content and ash color. If burning of coconut charcoal was done wrong or shell was mixed with wood ash, earth, clay – do not expect hight specs. 

Each batch of coconut charcoal shells can be different in terms of specification. The biggest headache at the charcoal factory is to separate good charcoal from low specs charcoal. Mixing formula – is the biggest secret of all charcoal factories. How much of tapioca, other chemicals and wood added to the coconut charcoal? How to make coconut ash become whiter and drop test show higher results? It all depends on the mixing formula.

5 Pahlawan Nasional Nahdlatul Ulama’

0

SEJARAH, GUBUKINSPIRASI.comNahdlatul ulama merupakan salah satu organisasi yang terbesar di indonesia. berdiri 31 Januari 1926 M/16 Rajab 1344 H.

Pada tahun 2019 Anggotanya mencapai 108 juta orang menjadikan NU menjadi salah satu organisasi terbesar di dunia. 100 tahun merupakan usia yang sangat matang bagi sebuah organisasi. 

Banyak hal yang dilalui oleh NU mulai dari zaman penjajahan Belanda, Jepang hingga pasca kolonialisme.

Walaupun Organisasi ini merupakan organisasi keagamaan para pendiri dan tokoh-tokoh ulama yang berada di bawah naungan NU memiliki andil yang sangat besar dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Hal tersebut dibuktikan dengan penganugerahan tokoh-tokoh NU. Berikut 5 tokoh NU yang mendapat gelar pahlawan nasional :

1.KH. Hasyim Asy’ari 

Beliau merupakan pendiri organisasi Nahdlatul Ulama’. Setelah mendapat penghargaan berupa Tongkat dan Tasbih dari Gurunya KH. Kholil bangkalan yang antarkan oleh KH. As’ad Syamsul Arifin Situbondo. Maka satu tahun kemudian berkumpul ulama’ Jawa dan Madura di Surabaya dan mereka semua merencanakan sebuah organisasi Nahdlatul Ulama’.

2. KH. Abdul Wahid Hasyim

Merupakan putra dari pendiri Nahdlatul Ulama’. beliau lahir 1 Juni 1914 M dan wafat pada usia 38 Tahun di Cimahi Jawa Barat pada tanggal 19 April 1953 M. Selama masa hidupnya beliau memiliki banyak peran diantaranya: Anggota BPUPKI dan PPKI, penggagas sila pertama, Menteri Agama RI Ke-I, Ketua Partai Masyumi, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ke 19.

3. KH. Abdul Wahab Hasbullah 

Lahir tanggal 31 maret 1888 di kabupaten Jombang Jawa Timur. Beliau salah seorang yang menjunjung tinggi kebebasan berfikir. Ia ulama menjadi’ yang kebebasan berpendapat dalam sebuah Keragaman. Hal ini beliau realisasikan dalam sebuah kelompok penemuan diskusi bernama Tashwirul Afkar pada tahun 1941 di Surabaya. KH. Abdul Wahab Chasbulah wafat pada 29 Desember 1971 dan mendapat Gelar Pahlawan Nasional Pada 07 November 2014.

4. Dr. KH. Idham Chalid

Lahir di Satui Kalimantan Selatan 27 Agustus 1921 Beliau adalah Ketua Umum PBNU ke-7 Menjabat sejak 1956–1979 M. Selain Aktif di NU beliau juga aktif di pemerintahan sebagai:

Wakil Perdana Menteri Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Indonesia, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat republik Indonesia Ke-4, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Ke-6, Ketua Dewan Pertimbangan Agung Republik Indonesia Ke-7, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Pada tanggal 11 Juli 2010 di usia 88 Tahun. Makamnya terletak di Pondok Pesantren Darul Qur’an Cisarua Bogor Jawa Barat.

5. KH. As’ad Syamsul Arifin 

Wafat pada usia 93 Tahun 4 Agustus 1990 di situbondo. Pengasuh kedua pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Ada 5 wasiat yang beliau titipkan kepada santrinya yaitu:

  1. Santri Sukorejo yang keluar dari NU (Nahdlatul Ulama), jangan berharap berkumpul dengan saya di akhirat
  2. Santri saya yang pendiriannya tidak dengan saya, saya tidak bertanggung jawab di hadirat Allah SWT 
  3. Santri saya yang pulang atau berhenti harus ikut mengurus dan paling tidak salah satu dari tiga hal, yakni: Pendidikan Islam, dakwah melalui NU dan ekonomi masyarakat.
  4. Istiqamah (terus menerus) membaca Ratibul Haddad .
  5. Santri saya sebenarnya umum, anak siapa saja, dalam keadaan bagaimana saja, pasti selamat dan jaya asal jujur, giat dan ikhlas

Daftar Game Baru Oktober 2022, Adakah yang Kamu Tunggu?

0

ENTERTAINMENT, GUBUKINSPIRASI.com – Bulan Oktober 2022 memiliki deretan game baru dengan berbagai genre.

Momen akhir tahun dan liburan panjang serta natal tahun ini nampaknya menjadi momen showcase besar-besaran studio video game besar dengan rilisan terbarunya.

Terdapat beberapa nama besar series dan franchise video game yang akan rilis di bulan Oktober 2022 baik sebagai resmastered, spin-off bahkan sequel.

Penasaran dengan judul game apa saja yang akan rilis di bulan Oktober 2022? Berikut list upcoming game Oktober 2022 oleh Gubuk Inspirasi yang dihimpun dari berbagai sumber.

A Plague Tale: Requiem

Game pertama yang akan diulas adalah A Plague Tale Requiem, salah satu sekuel game dari A Plague Tale: InnocenceGame ini sangat laris sebelumnya dan ditunggu para pecinta game petualangan.

Dilansir dari ReleasesA Plague Tale : Requiem akan rilis dan dapat dimainkan pada konsol PS5, Nintendo Switch, XBOX Series, dan PC (Personal Computer). Melanjutkan petualang sebelumnya, A Plague Tale Requiem jadi salah satu yang paling ditunggu.

Menyajikan perjalanan melihat Eropa pada masa kelam dan penuh wabah. Kisah yang epik dan menegangkan membawa para pemainnya merasakan hidup dalam cengkraman “Black Death“. Rencana rilisnya game ini adalah tanggal 18 Oktober 2022.

Uncharted: Legacy of Thieves Collection

Game berikutnya yang sangat ditunggu adalah Uncharted: Legacy of Thieves Collection. Game yang telah diadaptasi ke dalam film tersebut rencana akan dirilis pada 19 Oktober 2022.

Dilansir dari laman resmi Playstation, game Uncharted: Legacy of Thieves Collection akan dibanderol dengan harga Rp. 729.000 dan dapat dimainkan secara trial dengan cara subscribe ke Playstation Deluxe.

Uncharted menceritakan kisah para petualang pemburu harta karun tersembunyi. BErmain sebagai Nathan Drake, para player disuguhi dengan aksi kejar-kejaran, bersembunyi hingga pertarungan yang epik dalam sebuah cerita perburuan harta karun yang menegangkan.

Resident Evil Village Gold Edition

Game selanjutnya adalah salah satu game dengan popularitas tinggi di kalangan para pecinta game di dunia. Resident Evil Village Gold Edition merupakan perpanjangan dari versi sebelumnya yang laris dimainkan banyak orang.

Dilansir dari laman resmi CapcomResident Evil Village Gold Edition memiliki fitur baru dan karakter baru yang telah dijelaskan developer. Terdapat karakter Chris Redfield yang bisa dimainkan dalam petulangan.

Tentu kabar tersebut membuat para pecinta game thriller zombie tersebut semakin antusias. Mengingat karakter atau tokoh Chris sangat kuat digambarkan Capcom pada seri-seri Resident Evil sebelumnya.

Untuk tanggal rilisnya, Capcom memberikan keterangan tanggal rilis pada 28 Oktober 2022.

Call of Duty: Modern Warfare 2

Bagi para pemain game FPS (First Person Shooter)game yang satu ini tidak dapat dilewatkan begitu saja dalam deretan game terbaik sepanjang masa. Call of Duty: Modern Warfare 2 direncanakan rilis pada 28 Oktober.

Call of Duty: Modern Warfare 2 dilansir dari laman resmi Activision, akan memiliki gameplay baru dari versi pertamanya. Selain gameplay, adanya senjata baru dan sensasi multiplayer yang lebih menegangkan akan mewarnai keseluruhan permainan.

Di tengah badai yang sempat melanda Activision Blizzard, pernyataan rilis CoD : Modern Warfare 2 tentu sangat mengejutkan dan ditunggu oleh para pecinta game di seluruh dunia.

Sebagai franchise game FPS yang cukup populer dan dimainkan banyak player. Inovasi dan gebrakan yang akan dibawakan dalam Installment terbaru tersebut tentu sangat dinanti-nanti.

Bayonetta 3

Urutan terakhir adalah Bayonetta 3, salah satu game yang memiliki visual dan karakter anime yang kuat. Para penggemar Nintendo Switch akan dibuat kesusahan dalam memilih game di bulan Oktober, mengingat banyaknya daftar game-game menarik.

Setelah lama tidak terdengar dalam peredaran tahun 2014, kini Platinum Games secara resmi telah membuat jadwal rilis Bayonetta 3 dalam waktu dekat. Game dengan tema fantasi tersebut sempat membuat decak kagum.

Adanya karakter atau tokoh baru, plot cerita yang fantastis dan penuh plot twist menambah kesan baik pada para penonton. Munculnya Bayonetta juga diharapkan dapat memunculkan banyak game-game seru yang serupa dengan jalan cerita tersebut.

Itu dia deretan judul video game yang akan segera rilis di Bulan Oktober 2022. Adakah yang menjadi favoritmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya. (*)

(er/rhmn)

Lima Rayon PMII se-Unuja Gelar RTAR Serentak

0

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon se-Universitas Nurul Jadid (Unuja) menggelar Rapat Tahunan Anggota Rayon (RTAR) di Gedung KH. Hasan Abdul Wafi, Kamis (15/9/2022).

Kurang lebih sebanyak 60 kader PMII Unuja mengikuti RTAR yang berasal dari lima Rayon. Diantaranya, Rayon Asghar Ali Enginer, Ibnu Firnas, Ibnu Khaldun, Al-Wahid, dan Nusantara.

Ivan Kharisma selaku perwakilan Ketua Rayon menyampaikan, bahwa  pengurus baru yang akan menggantikan harus mampu mengambil sisi positif dan membuang hal negatif demi kemajuan organisasi.

 “Dilain sisi kita sebagai kader PMII harus memperjuangkan kaum-kaum mustadh’afin,” tegasnya.

Di samping itu, Badrul Nurul Hisyam, Ketua Komisariat Unuja, mengucapkan apresiasi kepada panitia yang telah menyukseskan kegiatan RTAR tersebut.

“Selamat berkontestasi. Untuk para calon yang bertarung kalah menang hal biasa. Namun, semua calon harus mempunyai mental pemenang wajib,” ucapnya.

Ia menuturkan, kesalahan yang dilakukan oleh kepengurusan sebelumnya harus dijadikan sebagai evaluasi, agar rayon lebih baik ke depannya.

Abu Rizal Hakim, Sekretaris II Pengurus Cabang PMII Probolinggo menyampaikan bahwa PMII merupakan organisasi kaderisasi yang harus terus menerus dilakukan perbaikan yang fleksibel. Menurutnya, jika rayon mati, maka kepengurusan PMII selanjutnya akan mati. “Berkontestasilah dengan baik. Jadikanlah PMII sebagai organisasi perjuangan untuk memperjuangkan seluruh kepentingan kemanusiaan yang berkelanjutan,” pesanya kepada para calon Ketua Rayon.

Pewarta: Saipur Rahman

Sukses, PMII UNUJA Gelar RTAR Raya

0

Probolinggo, Gubukinspirasi – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Nurul Jadid (UNUJA) resmi gelar Rapat Tahunan Anggota Rayon (RTAR) pada Kamis (15/09/22). Acara ini dilaksanakan secara terpisah,  Aula Fakultas Teknik khusus putri, sedangkan Gedung B3.06 khusus putra.

Sahabati Novi Dia Rostika selaku Ketua Kopri Rayon Ibnu Khaldun menuturkan dalam sambutannya, bahwa kader PMII harus mampu menjadikan organisasi sebagai ladang untuk berproses dengan sungguh-sungguh tanpa harus menjadi seorang pemimpin (ketua).

“Jabatan itu bukanlah tujuan, tapi jabatan itu kita jadikan sebuah pengabdian,” tegasnya.

Berbeda dengan konsep acara tahun sebelumnya, RTAR dilaksanakan secara terpisah putra putri. Usai pembukaan yang bertempat di Aula FT tersebut, setiap rayon menempati tempat persidangan yang telah disediakan oleh panitia. Persidangan dilaksanakan secara offline untuk putra dan online untuk putri.

Sahabati Zahro selaku ketua panitia RTAR mengatakan, bahwa pemisahan tersebut merupakan aturan dari pesantren yang wajib diikuti oleh seluruh organisasi yang berada dibawah naunganya.

“Meskipun terdapat batasan dalam berorganisasi, bukanlan sebuah alasan untuk tidak melaksanakan program kerja rayon, termasuk RTAR ini,” ujarnya.

Acara berjalan lancar dan kondusif, diawali dengan open ceremony dan beralih ke persidangan serta pemilihan calon ketua dan ketua kopri rayon. Selain itu, juga ada laporan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh seluruh pengurus demisioner.

Pewarta: Nabila NA & Nur H